oleh

10 Warga Asing Tanpa Dokumen Diamankan Imigrasi Klas II Belawan

Inimedan.com-Belawan.

Sebanyak 10 orang warga negara asing (WNA) diamakan pihak Imigrasi Klas II Belawan, dari tanah garapan jalan Satria 8 Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang.

“Awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya warga asing yang tinggal dipemukiman penduduk dikawasan Percut Seituan, lalu intel kita berangkat menuju kelokasi yang dimaksudkan dan ternyata benar disana ada warga asing,” ucap Kepala Kantor Imigrasi Klas II Belawan Samuel Toba didampingi Kasi Inteldakim, M. Rio Andrireza, pada wartawan,  Senin (28/1/2019)

Jelasnya, mereka semua berjenis kelamin laki-laki dan saat diamankan mereka tidak dapat berbahasa Indonesia dan tidak memiliki pasport atau dokument resmi apapun.

” Kelima orang WNA yang diamankan memilki kartu dari UNHCR (Hight Comimsioner For Refugees), sedang 5 WNA lainnya tidak memiliki surat dokument apapun”, ujar Samuel Toba.

Ucap Samuel, kelima warga asing yang memiliki kartu UNHCR bernama, Muhammad Salim, Muhammad Idris, Muhammad Ayaz, Abdul Rosyid dan Nur Islam, semuanya warga  Myanmar, sedang kelima warga asing lainnya yang tidak memiliki dokumen atau identitas bernama Rasid ahmad, Abdul Mabur, Muhanmad Ismail, Muhammad Salim dan Muhammad Taher, tidak tahu warga negara apa karena mereka tidak memiliki dokumen apapun.

“Saat kita introgasi melalui seorang penerjemah mereka mengaku dari Langsa dan sudah menetap disana selama 2 bulan dan pada Rabu (23/1/2019) mereka tiba di Percut Seituan dan mereka akan melanjutkan perjalanan ke Malaysia,”ungkapnya.

Mereka berada dilokasi (Percut) sudah empat hari lamanya dan selanjutnya mereka akan kita  kembalikan ke asalnya (Aceh).

“Mereka semua tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris dari mereka yang kita amankan berupa 3 unit Hand Phone, 5 kartu UNHCR,” pungkas Samuel Toba. (TP)

Komentar

News Feed