oleh

30 Unit Ikuti Kejuaraan MOMBC II Perebutkan Piala Ketua PDBI Sumut 2020

Inimedan.com-Medan.
Setelah sukses melaksanakan Medan Open Marching Band Competion (MOBC) pertama tahun lalu, kini event yang sama digelar kembali untuk memperebutkan trophy Ketua Umum PDBI Sumut Baharuddin Siagian.
Dimana event pertama diikuti 50 unit se-Sumut. Sedangkan event kedua yang dilaksanakan pada 14-15 dan 16 Februari 2020 lusa, diikuti 30 unit. Diantara 30 unit sekabupaten/kota se-Sumut tersebut, terdapat  lima unit dari Aceh dengan tim juri semuanya didatangkan dari Jakarta.
Ketua panitia Eko Syahputro didampingi pembina MOMBC Medan, H Afri Sugiarto SE dan Penasehat Mukhlis di Sekretariat Pengprov PDBI Sumut, Gedung Serba Guna (GSG) Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Selasa (11/2/2020) sore mengatakan, kejuaraan ini dilaksanakan bertujuan mencari bibit muda yang nantinya akan dipersiapkan menghadapi PON 2024 mendatang.
Dikatakan, makanya para peserta diutamakan para siswa-siswi dari setiap sekolah dan klub agar bisa diproyeksikan dalam jangka panjang guna membawa nama baik Sumut pada event tingkat regional, nasional bahkan internasional.
“Yang jelas event MOMBC kedua yang kita gelar ini, bertujuan untuk menggali potensi atlet-atlet usia dini drum band menghadapi PON 2024 mendatang. Untuk itulah sebelum dilaksanakan pertandingan, kita memberi kesempatan kepada seluruh unit selama dua hari (12-13/2/2020) untuk mencoba lapangan,” ucap Eko lagi.
Adapun tim luar yang antusias mengikuti event ini menurut Eko adalah, Aceh dengan lima tim. Sebab Aceh tak jauh beda juga dengan Sumut, sama-sama menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang.
“Jadi mereka juga serius melakukan pembinaan atlet drum band muda yang dipersiapkan sebagai proyek jangka panjang untuk menghadapi event terakbar empat tahunan tersebut,” pungkas Eko.
Sementara Ketua Umum Pengprov PDBI Sumut, Baharuddin Siagian yang juga Kadisporasu ditempat terpisah mengatakan, siap membesarkan nama baik pengprov PDBI Sumut kedepan.
Untuk itulah, ia meminta pemerintah provinsi Sumatera Utara melalui KONI untuk lebih memperhatikan pembinaan para atlet khususnya cabor drum band, sehingga saat mengikuti event nantinya mampu meraih prestasi maksimal seperti dibeberapa event nasional yang pernah diikuti daerah ini.
“Kalau Disporasu hanya menyediakan peralatan bahkan sarana yang dibutuhkan para atlet untuk berlatih. Namun dana pembinaan, Kita serahkan ke pemerintah provinsi melalui KONI,” katanya serius.
Bahar kembali mengatakan, selain membina atlet usia dini, pihaknya juga sangat perhatian pada pelatih dan wasit drum band didaerah dengan diikutkan ke berbagai penataran.
“Salah satu penataran pelatih tingkat nasional untuk meningkatkan mutu, maka dalam waktu dekat ini Disporasu akan melaksanakan penataran pelatih,” ucapnya.
Sedangkan kontingen Drumd DC BMS AKP Galang Deliserdang siap mempertahankan predikat juara seperti yang mereka raih pada event pertama tahun lalu.
“Walaupun kami siap mempertahankan predikat juara, namun kami juga harus mewaspadai seperti, tuan rumah Medan, Padang Lawas, Langkat dan kontingen Aceh yang mana juga kekuatan sudah merata,” kata Wakil Pengkab PDBI DS, Nirwana Agus Syahputra mengakhiri. (ak)

Komentar

News Feed