oleh

Akhyar Apresiasi Medan Tuan Rumah MICES & Expo 2020

Inimedan.com-Medan.

            Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi. Pasalnya, Kota Medan terpilih menjadi salah satu tempat penyelenggara kegiatan yang digelar dalam rangka 100 Tahun Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam rangka satu abad  pendidikan tinggi tehnik di Indonesia , Kota Medan ditetapkan sebagai tuan rumah seminar nasional bertajuk  Medan International Conference Energy and Sustainbility  (MICES) 2020 yang akan berlangsung di JW marriot Hotel pada 15-16 April mendatang.

            Apalagi dalam seminar yang juga dirangkaikan dengan expo tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Materi Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrief serta Menteri BUMN Erick Thohir akan hadir sebagai narasumber.

            “Saya mengucapkan terima kasih karena Kota Medan terpilih  menjadi tempat digelarnya MICES, salah satu kegiatan yang digelar dalam rangka 100 Tahun  ITB. Semoga kegiatan ini berjalan sukses dan lancar, sehingga memberikan kontribusi dalam kemajuan energy,” kata Akhyar ketika menerima kunjungan pengurus Ikatan Alumni ITB  Sumut di Balai Kota Medan, Senin (11/2).

            Didampingi Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Akhyar seluruh jajaran Pemko Medan siap mendukung pelaksanaan MICES & Expo 2020 tersebut. Direncanakan, sekitar 250 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk luar negeri akan hadir dan berdiskusi untuk membahas masalah energi.

            Akhyar berharap, MICES yang berlangsung selama dua hari dapat menghasilkan rumusan terkait pengembangan energi  sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Selanjutnya sebagai bentuk dukungan, Akhyar mengatakan, Pemko Medan akan menggelar welcome dinner untuk menyambut seluruh peserta yang datang di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.

            Dalam kesempatan itu, panitia penyelenggara MICES & Expo 2020 menawarkan kepada Pemko Medan untuk menawarkan produk unggulan sehingga dapat dipamerkan dalam expo tersebut. Sebab, pihak panitia akan mendatangkan langsung buyer sehingga  produk unggulan itu mendapatkan pasar yang lebih baik.

            Tawaran itu langsung disambut Akhyar.  Mantan anggota DPRD Kota Medan itu minta kepada Kadis Koperasi & UMKM Kota Medan Edliati, agar menghadirkan produk unggulan, salah satunya briket arang yang terbuiat dari sampah. Saat ini briket arang telah diproduksi di kawasan Medan Amplas. Akhyar berharap melalui expo, briket arang akan semakin terkenal.

            “Biaya produksinya relatif murah, sedangkan nilai jualnya lumayan baik. Selain menghasilkan nilai ekonomi, produksi briket arang jika dilakukan secara besar tentunya akan mampu mengurangi sampah,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Zaid Nasution selaku ketua panitia MICES & Expo 2020,  kegiatan itu dilaksanakan alumni ITB yang ada di Sumut. Padahal sebelumnya MICES & Expo 2020 akan digelar di Pulau Balisebagai salah satu kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut 100 tahun ITB. “Alhamdulillah, berkat kerja keras kita bersama kawan-kawan, MICES & Expo 2020 dapat dilaksanakan di Kota Medan,” jelasnya.

Zaidin yang hadir didampingi pengurus lainnya, termasuk panitia umum 100 Tahun ITB di Bandung, MICES & Exopo 2020 mengusung tema, “Ensuring the Future of Our  National Energy Security” akan membahas keamanan masa depan energi, termasuk permasalahan energy yang dihadapi bangsa. “Kami berharap dukungan penuh Pemko Medan, sehingga MICES & Expo 2020 dapat berjalan sukses dan lancar,” harapnya. (di)

Komentar

News Feed