oleh

Akurasi Data, DPRD Kota Surakarta Andalkan E-Risalah

Inimedan.com-Surakarta:

Seluruh aktivitas di DPRD Kota Surakarta-Solo menggunakan E-Risalah (pendamping/notulis) misalnya ketika rapat Bappeda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bappeda) dengan dewan. Kegunaannya memperbaiki tulisan-tulisan yang salah ketika rapat. Selesai rapat,  melalui E-Risalah, seluruh tulisan sudah bisa dibawa langsung ke dalam inti rapat.

Demikian dijelaskan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Surakarta Tri Puguh Priadi ketika menerima kunjungan studi komparatif 30 wartawan unit DPRD Kota Medan Kamis (27/9) di Grand Paripurna DPRD Kota Surakarta.

Dihadapan wartawan, Priadi yang didampingi Kabag Persidangan & Protokoler DPRD Medan Hj Alida, SH, Kasubag Joni A Tanjung, staff Febbyanta Tarigan, koordinator wartawan unit DPRD Medan M Jul Ardhi Harahap, perwakilan wartawan DPRD Surakarta Eka Heri Wibowo (Metro TV) dan Eddy C Sutoyo (Teamlo Net) menjelaskan, selain melatih etika, E-Risalah sangat praktis digunakan dan dapat me-edit kalimat-kalimat yang tidak pas.

“Termasuk sekarang ini, diruangan ini sekarang kita sedang dipantau E-Risalah (Aplikasi E-Notulen/voice to text-red) yang sudah diterapkan sejak 2017,” jelas Priadi.

Dikatakannya, di DPRD Kota Surakarta yang kehumasannya ditangani Subag kesekretariatan, lebih kurang ada 20 wartawan berbagai media yang bertugas tidak dibatasi disini.  Mereka boleh langsung meliput berita melakukan konfirmasi anggota dewan di komisi maupun di fraksi-fraksi.

Termasuk kerjasama sekretariat, kata Priadi, untuk memasukkan berita aktifitas dilingkungan kerja DPRD. Seluruh jadwal kegiatan telah dipersiapkan di Banmus-Persidangan secara terbuka, wartawan boleh langsung mengambilnya.

APBD Kota Surakarta Rp2 Triliun, jelas Priadi, anggaran untuk DPRD Kota Surakarta Rp500 juta sebagian dana dipergunakan untuk berbagai kegiatan diantaranya, pembiayaan kerjasama dengan stasiun tv, radio, media on line, pembuatan baleho, greating dan hal-lain yang dianggap perlu.

“Disamping itu, sekretariat, anggota dewan dan insan pers yang bertugas disini melakukan pertemuan silaturahmi secara berkala. Mempublikasi kegiatan DPRD, selain bekerjasama dengan TV (diantaranya TV jaringan) sekretariat juga kerjasama informasi dengan berbagai media lain. Misalnya kerjasama pemuatan berita advetorial,” ujar Priadi.

Diungkapkannya, DPRD Kota Surakarta baru pertama kali menerima kunjungan kerja wartawan seperti ini. Kegiatan ini sangat baik dan menarik. DPRD Kota Surakarta berniat akan belajar ke DPRD Kota Medan tentang hal ini.

Sementara itu, sebelumnya Kabag Persidangan & Protokoler Hj Alida, SH menjelaskan, kunjungan kerja ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, wawasan, melakukan kerjasama dan bertukar informasi antara wartawan yang bertugas di DPRD Kota Medan dengan wartawan DPRD Kota Surakarta.

“Tentunya. berita-berita yang dihasilkan berita yang “beretika,” berita sehat, berita yang dapat dijadikan sumber pengetahuan dan refrensi masyarakat untuk membangun,” harap Hj Alida. (Sugandhi S)

Komentar

News Feed