oleh

Anggok dan Jaran Kepang Binaan Pendawa  Percut Seituan Butuh Perhatian Pemkab Deli Serdang

inimedan.com-Percut Seituan.
 Kesenian Tradisional Jawa Anggok dan Jaran Kepang binaan Pendawa  Percut Seituan  mohon  perhatian Pemerintah  Kabupaten  (Pemkab) Deli Serdang.  Sebagai Pimpinan Kesenian  Anggok Sunardi, yang juga Ketua Ranting Pendawa , Desa Bandar Klippa di sela- sela pelatihan para anggotanya mengatakan, bahwa  kesenian ini  sudah 1 tahun berjalan,  ada dua grup kesenian yang ia pimpin di sanggar ini.
” Kesenian yang saya miliki, yaitu Jaran Kepang   (Ronggo Jati) dan Anggok (Sekar Bakul)   ini semua kerja keras saya dan keluarga untuk melestarikan kebudayaan Jawa ini,” ujarnya  di saat latihan berlangsung  di kediaman Iwan, Bendahara Ranting Pendawa , Desa Bandar Klippa,  Jalan Raharjo (Kampung Banten), Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat Malam, pukul 20.30 WIB,  (15/10/2021)
 Sunardi mengungkapkan, di bentuk nya kesenian ini dari tahun 2020, hingga sekarang ber anggotakan 30 orang.”Jadi, saya rangkul para anak remaja, baik pria maupun wanita, untuk bergabung di dalam grup kesenian ini, mereka semua tinggal satu rumah dengan keluarga saya,” ungkap Sunardi.
Dia menambahkan, bahwa  Tujuan di bentuknya kesenian tersebut agar kebudayaan Jawa tetap dikenal masyarakat dan  menghidupkan kembali kesenian tradisional Jawa yang mulai punah.
Kemudian, Sunardi merangkul  para remaja   baik pria maupun wanita untuk bergabung  menjadi anggota atau pemain Anggok dan Jaran Kepang. Serta  menjaukan mereka dari pergaulan yang tidak menentu arahnya dan mencegah serta menjauhkan dari  narkoba.” Kenakalan para remaja, saat ini kerap dengan memakai  narkoba. Jadi,  adanya Anggok ini  para remaja putra dan putri  fokus dengan latihan nya,” kata Sunardi.
Sunardi juga memohon kepada pemerintah Daerah (Pemda) Deli Serdang agar sudi kiranya membantu kesenian yang ia pimpin tersebut. (Erianto EGA)

Komentar

News Feed