oleh

Disdukcapil Medan Lakukan Perekaman E-KTP di Rutan Labuhan Deli

Inimedan.com-Labuhan.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan melakukan kegiatan layanan jemput bola berupa perekaman E-KTP di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II-B Labuhan Deli, Kamis (27/11).

Kepala Disdukcapil Kota Medan OK Zulfi dalam kata sambutannya mengatakan, hal ini dilaksanakan di seluruh Indonesia sesuai surat Kementerian Dalam Negeri No. 471.13/24150/DUKCAPIL, tujuannya agar warga/rakyat wajib memiliki E-KTP.

Kepada penghuni Rutan Labuhan Deli bagi yang belum pernah melakukan perekaman E-KTP, wajib melakukan perekaman, walau tidak warga Kota Medan, namun bagi yang sudah pernah perekaman tidak perlu lagi karena datanya sudah ada sebab nanti datanya bisa ganda karena bagi yang sudah pernah hanya tinggal menerima kartunya saja, kata OK Zulfi.

Tujuannya supaya tidak terjadi KTP ganda tapi kalau ingin
mengetahui bahwa dirinya sudah pernah perekaman KTP-el dapat dilihat datanya pada petugas Disdukcapil yang melakukan perekaman data pada saat ini,  jelasnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, OK Zulfi mengatakan hari ini semua perekaman harus selesai, mengenai kapan bagi WBP (Warga Binaan Pemasyarakat) menerima E-KTPnya, itu akan diusahakan secepatnya yang pasti tidak lewat dari bulan April 2019 dan nantinya penyerahannya tetap diserahkan melalui karutan, ujarnya.

Sementara, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar mengatakan, salah satu tujuan pelayanan jemput bola ini untuk mensukseskanPemilu 2019 sehingga sangat perlu diselesaikan.

Menurutnya, seluruh masyarakat Sumatera Utara harus sudah mendapat E-KTP akan dapat memilih pada 17 April 2019 yang akan datang,sebut Abyadi.

Hal sama juga disampaikan anggota Komisi A DPRD Kota Medan Umi Kalsum yang turut hadir memantau kegiatan perekaman E-KTP di Rutan Labuhan Deli mengatakan,  sudah ini merupakan  rekomen dasi Menteri Dalam Negeri RI agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak memilih sesuai haknya.

“Seperti Pilgubsu yang lalu masih ada masyarakat yang tidak dapat memilih karena kendala E-KTP, maka diharapkan Disdukcapil dapat melakukan layanan ini kepada seluruh masyarakat, harap anggota Komisi  DPRD Kota Medan tersebut.

Terpisah, Kepala Rutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang pada wartawan saat dikonfirmasi mengatakan menyambut baik program pemerintah melakukan perekaman E-KTP didalam Rutan  supaya bagi warga binaan permasyarakatan (WBP) dapat memiliki E-KTP hingga hak suaranya nantinya dapat digunakan pada pemilu 2019 yang akan datang.

“Jumlah semua WBP di Rutan Labuhan Deli saat ini  1364 orang sebahagian sudah pernah melakukan perekaman E-KTP jadi bagi mereka yang sudah pernah melakukan perekaman tidak perlu lagi melakukan perekaman saat ini sebab nanti data mereka bisa ganda, ucapnya. (TP)

 

 

Komentar

News Feed