oleh

Distrik Navigasi dan Syahbandar Belawan Gelar Sosialisasi Permen No.7/2019

Inimedan.com-Belawan.

Demi  meminimalisir terjadinya hambatan dan kecelakaan lalulintas laut, Distrik Navigasi kelas I Belawan dan Syahbandar adakan sosialisasi peraturan Menteri Pehubungan nomor 7 tahun 2019 tentang AIS (Automatic Identification System), bertempat diruangan Economi Waiting Room terminal penumpang Bandar Deli  Belawan, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesi Raya dan dilanjut dengan do’a yang dipimpin oleh staf Distrik Navigasi Hasyin agar kegiatan acara lancar dan tidak ada hambatan. Kemudian kegiatan di lanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Navigasi Ir Abdul Azis MM dan dalam penyampaiannya beliau menerangkan isi dari surat Menteri Perhubungan terkait dengan AIS agar kapal yang berlayar dapat dimonitor perjalanannya.

Selanjutnya  Kepala Syahbandar Belawan Ir Sugeng Wibowo MM memberikan keterangan mengenai AIS bahwa sangat penting perjalanan di laut menggunakan alat yang diprogramkan oleh Menteri Perhubungan dan sebelum diadakannya syistem tersebut perjalanan kapal di laut tidak terdeteksi keberadaanya.

Dalam hal ini para pengguna jasa atau agen pelayaran yang menggunakan jalur laut menyambut baik atas peraturan Menteri yang disosialisasikan oleh Distrik Navigasi dan Syahbandar Belawan sebagai panitia penyelenggara.

Untuk mendukung program peraturan Menteri, hadir dalam acara sosialisasi yakni perwakilan dari TNI AD, TNI AL, Polairdasu, Pelindo dan stakeholder agar progaram Menteri mengenai alat untuk syistem pemantau kapal di laut bisa berjalan dan terlaksana.

Selesai acara,kepala Navigasi menerangkan bahwa pihak pengguna jasa menggunakan alat AIS telah mencapai 80 persen. “Sudah 80 persen pihak pengguna jasa yang ada di Sumatera menggunakan AIS, dan sistem ini sudah berjalan lebih kurang tiga tahun, namun baru kali ini di sosialisasikan,” pungkasnya. (Top)

Komentar

News Feed