oleh

DPRD Medan Minta Dinas PU Prioritaskan Perbaikan Jembatan, Jalan dan Drainase

Inimedan.com-Medan.

Anggota Badan Anggaran DPRD Medan, Jumadi mendorong Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan agar memperhatikan program pemeliharaan jembatan, jalan dan drainase pada dinas tersebut. Pasalnya, program-program tersebut bersentuhan dan dirasakan langsung masyarakat kota Medan.

“Realisasi program pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) mencapai 63,99 persen. Khusus untuk program pemeliharaan jembatan, jalan dan drainase hanya 48,66 persen. Realisasi itu kecil sekali dan kurang dirasakan masyarakat,” ungkap Jumadi usai mengikuti rapat pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Walikota Medan terhadap APBD Tahun Anggaran 2018, dengan Dinas Pekerjaan Umum di ruang Banggar DPRD Medan, Sabtu (6/7).

Dia mempertanyakan alasan serapan anggaran pada dinas tersebut. Menurutnya, efisiensi anggaran dan belum cairnya dana bagi hasil dari Pemprovsu tidak bisa menjadi alasan penyebab minimnya serapan anggaran itu.

“Program tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tidak bisa dilakukan efisiensi. Dan kalau pun karena dana bagi hasil belum terbagi, tidak lah juga menjadi alasan. Sebab, APBD Kota Medan hampir Rp5 triliun, sedangkan dana bagi hasil hanya Rp600 miliar,” tukasnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Medan itu sangat berharap, Dinas PU Kota Medan agar memperhatikan program-program yang dirasakan dan bersentuhan dengan masyarakat. Harapannya, program tersebut menjadi prioritas pengerjaan pada tahun anggaran berikutnya.

“Dana bagi hasil mungkin bisa dialokasikan untuk kegiatan lain. Jangan hanya Dinas PU saja. Kan APBD Kota Medan mencapai Rp4,8 triliun. Jadi bisa diprioritaskan anggaran Dinas PU pada APBD,” bilangnya. (di)

Komentar

News Feed