oleh

Dua Hari Air Tak Mengalir Warga Belawan Keluhkan Distribusi Air PDAM

Inimedan.com-Belawan.

Selama dua hari, air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi tidak terdistribusi ke masyarakat yang bermukim di Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan.

Seorang warga, Alfian MY, Kamis (14/2) sekira pukul 09.00 wib mengatakan, tidak normalnya air yang mengalir ke masyarakat sudah berlangsung selama dua hari. Akibatnya, mereka kesulitan memeperoleh air bersih untuk mandi, mencuci pakaian serta untuk keperluan lainnya.

Kesulitan air bersih itu, kata warga yang ditafsir berusia 41 tahun ini, terjadi di kawasan Lingkungan 26, 27 dan 28 Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan. Harapannya, perusahaan BUMD ini segera mencari solusi agar warga tidak kesulitan untuk memperoleh air bersih yang dikelolah PDAM tetsebut.

“Kemarin, air sama sekali tidak ada mengalir, namun kalau hari ini air ada yang mengalir di beberapa rumah lainnya. Air itu terpaksa kami manfaatkan secara massal untuk kebutuhan masak,” sebut warga Jalan RM Pahlawan, Lorong Melati, Kelurahan Belawan I, Kecamatan Medan Belawan ini.

Parahnya, kata Alfian menambahkan sejak air tidak mengalir secara total, anak – anak mereka tidak mandi pergi berangkat ke sekolah, selain itu juga jamaah juga kesulitan air untuk mengambil wudhu. Harapannya, kesulitan air dapat segera diatasi.

“Kami masyarakat hanya mau air bersih segera mengalir, disini tidak ada sumur bor, karena berdekatan dengan laut. Setidaknya, PDAM mampu memberikan mobil tangki air bersih,” harap Alfian.

Berbeda dengan M Isa Al Basir. Pria yang menetap di Pajak Baru, Kecamatan Medan Belawan ini mengaku, ia terpaksa melakukan alat bantu pompa (mesin daft pengisap air) untuk memperoleh air yang didistribusikan oleh PDAM Tirtanadi.

“Tempat kami juga sering sulit air, tapi karena rata – rata di kawasan kami pakai alat bantu pompa, jadi bisa disedot mengalir,” ungkap Basir.

Terpisah, Ketua Laskar Merah Putih Belawan, Togu Silaen prihatin dengan keluhan masyarakat, ketika turun ke lokasi dan berkordinasi dengan PDAM Tirtanadi Cabang Belawan meminta agar keluhan masyarakat segera dicarikan solusi.

“Untuk kawasan tempat tinggal saya di Kelurahan Sicanang juga kualitas air kurang baik, kalau tempat kami malam air mengalir lancar, cuma siang hari yang sulit. Masalah ini sudah saya sampaikan dengan kepala cabang Belawan. Janji mereka (PDAM) akan segera turun mengatasi solusi bagi masyarakat Belawan,” ucap Togu.

Sementara itu, Kepala Cabang PDAM Belawan, Dikcy mengatakan, terganggunya distribusi air ke masyarakat, karena ada kerusakan pompa di Jalan TM Pahlawan Belawan dan pompa di Martubung, Medan Labuhan. Kerusakan tersebut sampai saat ini sedang dalam perbaikan.

“Kemungkinan hari ini sudah lancar, tapi untuk membantu mengatasi keluhan masyarakat. Kita akan turunkan tangki air bersih ke masyarakat, menunggu perbaikan pompa selesai”, katanya. (TP)

 

 

Komentar

News Feed