oleh

Gubsu Minta PTN/PTS Beri Bea Siswa kepada Mahasiswa Berprestasi

inimedan.com
Perguruan Tinggi (PTN/PTS) diminta memberi bea siswa kepada mahasiswa berprestasi karena tak sedikit mahasiswa yang berprestasi tapi kurang mampu dalam materi. “Saya harap 5 hingga 10 persen PTN/ PTS memberi bea siswa kepada mahasiswa yang indeks prestasi (IP) tinggi, hingga nanti tidak hanya mengabdi pada masyarakat juga kepada almamaternya”, kata Gubsu Erry Nuradi pada Pembukaan Pameran Sumatera Education dan Techno Expo 2017 Ringroad Citywalks Medan.,Kamis (26/1)
Gubernur perlu mendorong Perguruan Tinggi meningkatkan jumlah penerima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu. Melalui program bea siswa bangsa ini memiliki banyak generasi berprestasi dan unggul.
Gubernur mendukung pameran pendidikan, agar pelajar SMU bisa melihat Perguruan Tinggi yang diinginkan.Tentunya PT tidak hanya menampilkan profil universitas, juga melengkapi sistem pendidikan, SDM, kualitas dosen dan fasilitas pendukung lainnya.‎”Melalui pameran diharapkan terjadi komunikasi dengan masyarakat terutama siswa SMA/SMK,”ujarnya.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Dian Armanto mengatakan ada 264 PTS yang terdaftar,14 di antaranya masuk daftar binaan dan diminta segera memperbaikinya yang diiringi dengan penantangan fakta integritas. Izin Operasional dari Kementerian Ristekdikti penting dimiliki PTS sebagai bukti bisa menyelenggarakan perkuliahan.
Jadi,PTS sehat yang dapat menyelenggarakan pendidikan pendidikan tinggi yang memiliki 9 kriteria.Yakni, izin prodi dari Kemdikbud, terakreditasi BAN-PT, memiliki statuta, memiliki rencana stategis, menjalankan standar kademik dan non akademik, melaporkan kegiatan proses pembelajaran seluruh prodi setiap semester ke PDPT.[im-01]

Komentar

News Feed