oleh

Hanya PDIP dan Gerindra Mampu Pertahankan Jabatan Pimpinan DPRD Medan

Inimedan.com-Medan.

Kendati tahapan proses rekapitulasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 serentak masih terus berlangsung, sejumlah nama-nama calon anggota DPRD Medan yang terpilih untuk periode 2019-2024 sudah mulai terprediksi. Begitu juga partai yang bakal menduduki empat pimpinan DPRD Medan sudah bisa diketahui.

Diprediksi, pimpinan DPRD Medan bakal dijabat PDI Perjuangan. Partai banteng moncong putih tersebut unggul suara dari Partai Gerindra Medan. Memang untuk peroleh kursi, keduanya sama-sama mendapat 10 kursi. Partai Gerindra bakal menjabat Wakil Ketua I. Sedangkan PKS mendapat jatah 7 kursi dan layak menduduki jabatan Wakil Ketua II. PAN sendiri berhasil memperoleh 6 kursi dan berhak mendapat kursi Wakil Ketua III.

Sejumlah anggota DPRD Medan terpilih yang diprediksi mendapat ‘penghargaan’ sebagai pimpinan DPRD Medan belum masih enggan berkomentar. Misalnya saja, Rajuddin Sagala. Politisi petahana yang berhasil meraih suara terbanyak untuk tingkat DPRD Medan di internal PKS yakni 12.649 suara memilih merendah dan mengembalikan seluruh keputusan kepada partai.

“Untuk kursi pimpinan dewan, biar partai yang memutuskan. Itu kewenangan partai, sebab masih ada Sekretaris DPD PKS Medan, Rudiyanto yang juga terpilih,” ungkap Rajuddin.

Sementara Ketua DPW PAN Provinsi Sumut, Yahdi Khair, telah membuka sinyal bila jatah pimpinan DPRD Medan yang jatuh pada PAN bakal diisi Bahrumsyah. Selain menjabat Ketua DPD PAN Medan, ia menilai Bahrumsyah merupakan sosok yang tepat untuk menempati kursi pimpinan.

“Dia (Bahrumsyah) sudah berpengalaman, sudah akan masuk periode ke-3. Selain juga Ketua PAN Medan, tepat mengisi kursi pimpinan DPRD Medan,” imbuhnya.

Ia mengaku, mekanisme penetapan kursi pimpinan DPRD berada di tangan DPP PAN. Namun, ada usulan dari daerah. “Nanti (Bahrumsyah) akan diusulkan,” bilangnya.

Bahrumsyah sendiri enggan jemawa. Ia menyerahkan seluruh keputusan untuk menempati kursi pimpinan dewan ke partai. Bahrumsyah sudah menjalani periode ke dua di DPRD Medan. Berdasarkan hasil Pemilu Serentak 2019, ia berhasil terpilih kembali untuk ketiga kalinya di daerah pemilihan (Dapil) II.

Berdasarkan catatan, kursi pimpinan DPRD Medan periode 2014-2019 masing-masing diisi oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat. (di)

Komentar

News Feed