oleh

Harga Gas Industri Sumut Masih Tinggi

Inimedan.com
Badan Pengawas harus bekerja memantau implementasi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 453/12/MEM/2017 tanggal 13 Februari 2017 yang menyatakan penurunan harga gas industri per 1 Februari 2017. Informasi di lapangan, harga gas Industri di Sumut hingga kini masih 12,22 dollar AS per MMBTU.
Hal itu diungkapkan, anggota DPRD Sumut, dari Komisi B, Richard Pandapotan Sidabutar, Selasa (14/2).
Menurutnya, penurunan harga gas industri di Sumut akan menjamin keberlangsungan industri di Sumut. Hal ini perlu menjadi perhatian karena jika tidak akan berdampak pada iklim industri di Sumut.
“Bisa jadi, pengusaha kita hengkang dari Sumut atau industrinya gulung tikar. Energi itu merupakan kebutuhan dasar. Sementara harga gas industri di Sumut mahal. Bagaimana industri memenuhi kebutuhan energi mereka jika harga terlalu mahal dan ketersediaan pasokan tidak bisa dipastikan,” ujarnya.
Ia berharap ada penurunan harga gas industri di Sumut, saat ini harga gas industri di Sumut termahal se Indonesia, bahkan lebih mahal dari pada Malaysia. Jika tidak ada implementasi dari Peraturan Menteri ESDM tersebut, Komisi B DPRD Sumut akan menindaklanjuti permasalahan itu ke Kementerian ESDM. Karena implementasi Permen harus dilakukan karena berpengaruh besar pada energi industri sebagai bahan produksi.
“Kita mau tahu juga, apa yang membuat pasokan gas itu terbatas. Kesannya seperti rebutan antara PGN dan anak perusahaan Pertamina. Kalau bisa keduanya harus bersinergi, jangan sampai persaingan mereka membuat konsumen menjadi menjerit,” tambahnya.
Ia mengatakan pihaknya akan segera mengecek jika terjadi kemacetan dalam implementasi Permen tersebut langsung ke Kementerian. Jika kemacetan terjadi di distribusi maka pihak distributor akan segera dipanggil dan diminta pertanggungjawaban.
Sebelumnya diberitakan, Gubsu HT Erry Nuradi mengatakan Menteri ESDM berjanji menurunkan harga gas industri akan diturunkan dari 12,22 Dollar AS per MMbtu menjadi 9,9 dollar AS per MMbtu per 1 Maret. Namun hingga pekan kedua Maret, harga gas industri masih tetap sama.
Harga yang diwacanakan masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan Malaysia yang mematok harga gas 5-6 dollar AS per MMbtu sementara di Jawa per MMbtu dipatok harga 8 dollar AS.
Sebelumnya Pemprovsu telah me¬la¬kukan berbagai upaya agar Pe¬merintah Pusat dapat melakukan ke¬bijakan penu¬runan harga gas di Sumut yang selama ini menjadi keluhan pelaku industri. Upaya ini di antaranya menyurati Pe¬me¬rintah Pusat maupun menyam¬pai¬kan persoalan tersebut melalui dewan energi nasio¬nal, DPR RI dan DPD RI. [im-01]

Komentar

News Feed