oleh

Kampung KB Inovasi Strategis Wujudkan Pembangunan Berwawasan Kependudukan

Bandar Khalifah, Inimedan.com
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) kembali mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) bertempat di Desa Pekan Bandar Khalifah Kecamatan Bandar Khalifah, Kamis (18/5).
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, mewakili OPD, Camat Bandar Khalifah Muhammad Khairi, S.Sos dan jajaran serta unsur Muspika, TP PKK kecamatan dan desa, Kepala Puskesmas, tokoh masyarakat, PLKB, serta ratusan masyarakat sekitar.
Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat desa/dusun dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas. Oleh karena itu mari kita bersama bahu membahu, bekerjasama dan memberikan dukungan untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Kampung KB, ajak Bupati.
Lebih lanjut diungkapkan Bupati, Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI sesuai agenda prioritas (nawacita) agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air. Presiden juga telah memberikan arahan agar pelaksanaan program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan. Dengan pencanangan Kampung KB diharapkan akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada desa/dusun se-Indonesia, harap Bupati.
Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau kepada seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk guna mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan dengan menyerasikan kebijakan pengendalian penduduk, menjamin ketersediaan dan parameter kependudukan serta melakukan analisis dampak kependudukan. Selanjutnya melakukan pembinaan dan peningkatan kesertaan KB melalui pembinaan dan kemandirian ber-KB serta dapat meningkatkan ekonomi keluarga dengan meningkatkan kewirausahaan keluarga, pungkas Soekirman.
Sebelumnya ketua Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Hj. Irwani Jamilah, SH mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Adapun sasaran Kampung KB adalah masyarakat dalam semua kelompok umur (keluarga, remaja, penduduk lanjut usia, pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja dan keluarga dengan lanjut usia) dan sasaran sesuai dengan bidang tugas masing-masing, ujar Irwani Jamilah. (nur)

Komentar

News Feed