oleh

LIPI Gelar Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah Untuk Guru

Inimedan.com-Medan.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar kegiatan Diseminasi Kepakaran  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) untuk kalangan masyarakat, berupa Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah bagi guru SMA/SMK/MA, yang berlangsung Sabtu-Minggu  (9-10/03-2019) di Grand Kanaya Hotel, Jalan Darussalam Medan.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 Guru bidang IPA dan IPS dari berbagai Sekolah Menegah Atas (SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA) Kota Medan dan sekitarnya.

Hadir dari LIPI diantaranya DR Sri Priatni selaku Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, DR.Ahmad Helmy Fuady, Peneliti Pusat Penelitian Kewilayahan, DR.Toto Sudiro,  Peneliti Pusat Penelitian Fisika LIPI, Angga Wijaya HF,BKHH LIPI, Eka Zulfiany, Biro Umum LIPI, Dedy Akhmadi P2 TTG LIPI dan Eka Sulanjana P2 TTG LIPI, serta Anggota Komisi VII DPR RI, H.Abdul Wahab Dalimunthe.

DR Sri Priatni selaku Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama LIPI dengan Komisi VII DPR RI yang diinisiasi oleh anggota DPR RI H.Abdul Wahab Dalimunthe,SH.

“Kami mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi H.Abdul Wahab Dalimunthe dari Komisi VII DPR RI atas terselenggaranya Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah untuk  kalangan guru di Kota Medan dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan para guru,” katanya.

Dijelaskan Sri, LIPI selama ini telah melaksanakan Diseminasi kepakaran ilmu di seluruh Indonesia yang disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing.

Sementara H.Abdul Wahab Dalimunthe dalam sambutannya menyampaikan, agar para bapak/ibu guru yang mengikuti Pelatihan Metodologi Penelitian Ilmiah dari LIPI dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk menambah ilmu pengetahuan bagi diri sendiri dan anak didiknya.

Pada kesempatan tersebut Abdul Wahab juga mengucapkan terimakasih kepada pihak LIPI yang berkenan datang ke Kota Medan untuk  meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi ratusan guru, yang diharapkan kelak bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat umum lainnya.

“Komisi VIII DPR RI, sangat berharap kerjasama yang terbangun baik dengan LIPI selama ini dapat berlanjut pada masa-masa yang akan datang, apalagi para guru yang setiap hari berkecimpung dengan pendidikan dan keilmuan perlu mendapatkan bimbingan teknis dari LIPI,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Para narasumber masing-masing DR.Toto Sudiro menyampaikan materi  Metodologi Penelitan dan Kerangka Penulisan Proposal, sedangkan DR.Ahmad Helmy Fuady, dengan materi Metode Penelitian Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan.

Respon Positif

Acara yang berlangsung lancar dan sukses itu mendapat respon positif dari para peserta pelatihan, sebagaimana disampaikan oleh Drs.Adil,MS.i guru Biologi dari MAN 1 Medan, saya ucapakan terimakasih kepada LIPI mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan, hal seperti ini sangat diharapkan para guru untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, ucapnya.

Hal Senada juga disampaikan Irda,M.Pd guru dari sekolah Yayasan Darul Qur’an dan Riana Napitu,S.Pd,MS,i, guru dan MAN 3 Medan, hendaknya pihak LIPI dan Komisi VII DPR RI kedepannya bisa melaksanakan kegiatan serupa secara berkala bagi para guru dengan menambah waktu, agar materi yang disampaikan bisa lebih mendalam, tandasnya.(Jal)

 

Komentar

News Feed