oleh

Rutan Labuhan Deli Peringati Gelar Pentas Budaya Seni

Inimedan.com-Labuhan.

Memperingati hari Pahlawan  yang jatuh pada, 10 November 2018, Rutan Klas II-B Labuhan Deli mengelar upacara  dan dirangkai dengan mengelar pentas budaya seni pakaian adat yang diperankan oleh WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan). Sabtu (10/11) pukul 08.00 wib.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan kata sambutan Direktur Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami yang dibacakan Ka. Subsi Pelayanan Tahanan Jepri dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu–lagu kebangsaan.

Dirjend. Pemasyarakatan dalam sambutannya mengatakan, momentum peringatan hari Pahlawan ini sangat tepat digunakan untuk kembali mengelorakan semangat perjuangan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara sert memberikan motivasi kepada warga binaan pemasyarakatan untuk memperbaiki sikap dan prilaku dalam rangka menata hidup, kehidupan dan penghidupan kelak setelah kembali ke masyarakat.

Dalam kegiatan The Gathering Of Heroes ini diharapka warga binaan pemasyarakatan dapat memahami definisi pahlawan secara luas, bahwa pahlawan adalah figur yang rela, bahkan dengan keiklasan perdama baktikan dirinya untuk kebahagian orang lain. Beliau rela melepaskan hidup dan matinya untuk sepenuhnya pengabdian bagi kemaslahatan.

“Penyelenggaraan kegiatan The Gatering of Heroes, kali ini tidak hanya melibatkan keluarga warga binaan pemasyarakatan tetapi juga melibatkan masyarakat (mitra-mitra kerjasama, pemerintah daerah setempat, organisasi masyarakat, tokoh-tokoh agama, para pelajar dan lain-lain), karena kami menyadari sepenuhnya bahwa maayarakat merupakan satu mata rantai yang tidak dapat dipisahkan dan sangat dibutuhkan peran kontribusinya dalam pelaksanaan dan pengembangan program pelayanan, pembinaan, dan pembimbingan serta pendisikan bagi warga binaan pemasyarakatan selama dan sesudah menjalani masa pidananya”, ucap dirjen. pemasyarakatan Sri Punguh Budi Utami yang dibacakan Kasubsi tahanan rutan labuhan deli Jepri.

Diakhir kata sambutannya, Sri Punguh Budi Utami berharap kegiatan The Gatering of Heroes ini dapat memberikan dampak positif bagi kita semua, baik petugas warga binaan pemasyarakatan dan keluarga serta masyarakat yang hadir pada kegiatan ini. Pungkasnya.

Usai upacara memperingati hari Pahlawan tersebut, pihak rutan menyelenggarakan pentas seni budaya pakaian adat yang dibawakan oleh WBP.

Tanpak para WBP menggenakan pakaian adat dari berbagai etnis daerah yang ada di Indonesia, para WBP yang mengenakan pakaian adat tersebut tanpak berjalan satu-persatu bak seorang model yang sedang mempromosikan dan memperkenalkan pakaiannya.

Ka. Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang Amd. SH, MH didampinggi Ka. KPRErwin Siregar Amd, IP, SH, saat dikonfirmasi disela-sela pelaksanaan pentas seni budaya pakaian adat yang dibawakan oleh WBP mengatakan, sesuai dengan edaran dirjen pemasyarakatan yang menyebutkan seluruh Upt pemasyarakatan yaitu Lapas dan Rutan agar melaksanakan kegiatan The Gatering of Heroes yaitu suatu kegiatan yang mengingatkan kita, semua insan pemasyarakatan, generasi muda untuk mengingat jasa-jasa para Pahlawan kita.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa perubahan pada diri warga binaan sehingga dapat berinteraksi dan berintegrasi kembali ditengah masyarakat untuk dapat menajdi manusia yang mandiri”, ucapnya.

Nimrot Sihotang menambahkan, dengan kegiatan pentas budaya seni dari berbagai baju adat dari berbagai etnis daerah yang ada di Indonesia, kita menyampaikan pesan kita beraneka ragam budaya di negara kita Indonesia dan asal muasal para pahlawan kita itu mengingatkan kita bagaimana keaneka ragaman itu dapat dirajut dalam suatu budaya yang baik sehingga keaneka ragaman itu menjadi kesatuan dan persatuan dalam membangun kemajuan dan kesatuan bangsa dan negara kita”, pungkasnya.(TP)

 

 

Komentar

News Feed