Brandan Barat-IniMedan

PD II FKPPI Sumut gelar kegiatan Menanam 125 ribu batang mangrove di kawasan pesisir pantai Pangkalan Batu,  Kec.  Brandan Barat, Kabupaten Langkat,  bekerja sama dengan Kelompok Tani Mekar dan Bina Pesisir Cinta Damai,  Rabu (18/12) yang lalu.

Ditandai dengan penanaman secara simbolis oleh Dandim 0203 Langkat sebagai yang mewakili Pangdam I /BB,  didampingi Pasi Ops Yon.  8 Marinir Tangkahan Lagan,  Dantim Intel Lantamal Belawan,  Kadis Lingkungan Hidup dan Kadis Pendifikan Kabupaten Langkat

Katrina Talaksoru sebagai yang mewakili kelompok tani dalam sambutannya memuji semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan itu bisa terlaksana dengan sukses dan lancar.

Lebih lanjut dia menegaskan,  hutan mangrove itu adalah paru-paru dunia.

Karena itu,  menjaga paru-paru dunia sama artinya dengan menjaga keselamatan dan kenyamanan seluruh umat manusia di muka bumi ini.

Sedangkan,  Ketua Panitia Edward Manik,  SE dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf, karena belum bisa memberikan kenyamanan kepara para tamu dan undangan.

Sementara itu,  Dandim 0203 Langkat Letkol.  Inf.  Bachtiar Susanto sebagai yang mewakili Pangdam I/ BB  Mayjen TNI MS.  Fadhillah dalam sambutannya mengatakan hutan mangrove adalah salah satu sumber kehidupan yang penting bagi masyarakat, karena memberi banyak manfaat, antara lain untuk menjaga keseimbangan alam dengan menjaga erosi pantai dan melestarikan biota laut seperti ikan,  udang dan kepiting,  karena suka bertelur di balik-balik akar lohon mangrove

” Selain itu,  mangrove juga diketahui memiliki akar yang sangat kuat,  sehingga dapat menahan erosi pantai,” ujarnya.

Selain itu,  mangrove dapat pula mencegah pemanasan global,  menjaga kelas air serta menyaring sampah dan logam-logam yang datang.

Karena itu, beliau puun nerharap agar penanaman itu tidak hanya berhenti sampai di sini,  tapi dapat diteruskan di masa-masa yang akan datang.

Hanya saja,  beliau pun berharap agar koordinasi yang baik bisa terus dilakukan di masa-masa yang akan datang, sehingga acara yang besar dan hebat seperti itu bisa lebih meriah lagi di masa-masa yang akan datang.

” Ya,  seharusnya yang hadir bisa lebih banyak dari ini. Karena itu harus dikoordinir dengan lebih baik lagi,  dari tingkat bawah (dusun) sampai ke tingkat atas ,” ujarnya. (BD)

 

 

Komentar

News Feed