oleh

Tim Medan Siap Unjuk Prestasi di Kejurnas Panjat Tebing Piala Kapoldasu

Inimedan.com-Medan
Tim Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) kota Medan penuh percaya diri akan unjuk prestasi pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) memperebutkan Piala Kapoldasu di Mako Brimobdasu Jalan KH Wahid Hasyim Medan, 1-5 Februari mendatang.
“Kejurnas Panjat Tebing memperebutkan Piala Kapoldasu tim Medan menurunkan sebanyak 12 atlet. Ajang ini sebagai pemanasan bagi atlet untuk berlaga di Porwil Bengkulu dan PON Papua 2020. Selain itu, ajang kompetisi nasional ini merupakan peluang dan kesempatan bagi atlet untuk unjuk prestasi” ujar Ketua FPTI kota Medan Juned Iskandar Perangin-angin di Medan, Kamis (31/1)
Ia menuturkan panjat tebing bagian dari olahraga yang berkatagori olahraga berat, pasalnya olahraga ini membutuhkan mental yang kuat karena itu atlet harus melawan tantangan yang berat, jika atlet salah dalam memilih pijakan atau pegangan, maka yang paling fatal membuat atlet tidak dapat nilai dalam kompetisi.
Dia menambahkan sebenarnya dalam panjat tebing tidak hanya membutuhkan ketahanan fisik dan kondisi tubuh yang bagus, namun seorang atlet  harus memiliki strategi sendiri dalam menaklukkan tebing yang berbagai macam bentuk dan mampu memilih batu pijakan atau pegangan. Atlet  membutuhkan tenaga dan stamina serta kecepatan.
Ia menyebutkan persiapan mental harus dimiliki para atlet. Mental sangat diperlukan bagi atlet jika atlet sudah memiliki mental yang kuat dan tepat, maka fisik tubuh atlet juga akan mengikutinya dengan baik. Mental yang kuat membuktikan bahwa atlet siap untuk bersaing dengan atlet daerah lain.
“Paling utama harus dimiliki atlet adalah mental juara. Untuk itu, para atlet panjat tebing Medan harus menanamkan mental juara untuk menuai prestasi di kompetisi tingkat nasional memperebutkan Piala Kapoldasu”tandasnya.
Sementara itu, pelatih panjat tebing Medan Wahyu Syahputra menjelaskan seluruh atlet yang ikut kejuaraan nasional sudah menempa diri secara matang dengan latihan di sekolah Gajah Mada Medan dan venue panjang tebing di Jalan Willem Iskandar Medan. Untuk itu, para atlet   tinggal menuntaskan segala kerja keras selama berlatih di kejuaraan nasional sesungguhnya, panjat tebing Piala Kapoldasu.
“Persiapan atlet sudah 100 persen dan semua sudah siap tempur. Seluruh atlet juga dalam motivasi tinggi untuk segera tampil di venue Mako Brimobdasu,” terang Wahyu.
Ia menjelaskan sebelum laga di kejurnas para atlet telah
meningkatkan daya tahan tubuh selama latihan. Daya tahan tubuh ini seperti  melakukan push up min, sit up, jumping jack yang berguna untuk melatih kelenturan, dan lari yang berguna untuk melatih kaki dan ketahanan tubuh. Hasil latihan yang telah dilakoni diharapkan atlet dapat mewujudkan prestasi.
“Tim panjat tebing Medan terdiri 12 atlet yang diperkuat 6 atlet binaan KONI Medan pada ajang level nasional tahun ini yang digelar di Medan” pungkasnya.(bayu)

Komentar

News Feed