oleh

Vihara Siu San Keng Gelar Pertunjukan Wayang

Inimedan.com-Medan.

Ratusan umat Buddha Kota Medan dan sekitarnya berbondong-bondong mendatangi Vihara Siu San Keng di Jalan Kol Yos Sudarso Medan Labuhan, Senin (22/10), dalam rangka merayakan dan mensyukuri peringatan HUT Dewi Kwan Im (Kuan Yin Phu Sa) yang diisi dengan acara  pertunjukan wayang/Tio Ciu Phan yang akan berlangsung sejak 19 Oktober-15 November mendatang.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan ibadah ritual sembahyang bersama, agar selalu diberikan berkah kesehatan, keselamatan, kedamaian, umur panjang dan kesejahteraan bagi pemeluknya. Selanjutnya, acara yang terbuka untuk umum ini menggelar pertunjukan wayang orang yang dilaksanakan pada pukul 13.00-15.00 Wib, dan kembali berlanjut pukul 20.00-23.00 Wib pada setiap harinya.

Ketua Panitia Tjioe Jam Agus didampingi Ketua Pembina Sio Kok Yong,Wakil Ketua Pembina sekaligus Ketua Pengawas Ang Bun Hwa dan Bendahara Ang Seng Hok kepada wartawan, Senin (22/10) di lokasi acara menyebutkan, peringatan HUT Dewi Kwan Im rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Vihara Siu San Keng di Jalan Kol Yos Sudarso Medan Labuhan.

Dikatakan, segenap umat Buddha sangat menghormati Dewi Kwan Im yang merupakan salah satu Bodhisatva maha pengasih dan penyayang, sehingga tidak mengherankan hampir semua lapisan masyarakat Tionghoa mengenal dan memujanya.

“Dewi Kwan Im adalah Dewi Kasih Sayang yang selalu menjulurkan tangannya untuk menyebarkan kasih sayang dan pertolongan kepada semua makhluk, terutama yang sedang menderita, sehingga dalam acara memperingati hari kelahiran Dewi Kwan Im, para umat berharap agar diberi kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan berkah oleh Dewi Kwan Im,” ujar Agus.

Selain itu tambah Tjioe Jam Agus, yang akrab disapa Agus Besi, pagelaran wayang orang juga memberikan pesan moral selain hiburan kepada setiap umat yang hadir. Bahkan para pengunjung tidak segan merogoh kocek sebagai donasi/sumbangan untuk pemeliharaan dan pembangunan Vihara dan untuk kegiatan sosial lainnya.

Untuk itu Agus mengucapkan terimakasih yang setulusnya kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan perhatian dan bantuan atas terlaksananya kegiatan ini.”Semoga peringatan HUT Dewi Kwan Im yang acara puncaknya dilaksanakan pada Sabtu, (27/10) mendatang dapat berjalan sukses,” ucap Agus

Sebelumnya Agus Besi juga menjelaskan bahwa, Vihara Siu San Keng di Jalan Kol Yos Sudarso Medan Labuhan, sudah berusia 128 tahun atau  tepatnya dibangun pada tahun 1890M, sehingga Pemko Medan telah menetapkannya sebagai cagar budaya  (situs Cina tua) yang yang harus dipelihara dan dilestarikan keberadaannya.

Untuk itu pihaknya juga berharap perhatian serius dari Dinas Pariwisata Kota Medan, untuk menjaga keutuhan situs tua ini, dimana setiap harinya ratusan pengunjung singgah ke vihara ini untuk sekedar berwisata maupun beribadah,tandas Agus yang dikenal berjiwa social itu.(Jal).

Komentar

News Feed