oleh

Wagubsu Tinjau Pelaksanaan UNBK Di Tebingtinggi

Tebing Tinggi, inimedan.com
Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Hj Nurhazijah Marpaung,SH,MHum bersama rombongan melakukan kunjungan sekaligus melihat langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tebingtinggi.
Kunjungan kesekolah tersebut dimulai dari SMK Negeri 2 Jalan Gunung Lauser, SMK Taman Siswa Jalan Deblot Sundoro, SMK YPD Jalan KL Yos Sudarso dan SMK Alwasliyah di Jalan 13 Desember Kota Tebingtinggi. Rabu (5/4).
Wagub berharap, dengan pelaksanaan UNBK serentak tingkat SMK se-Sumut hendaknya dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala,namun demikian diakuinya masih ada beberapa kekurangan baik prasarana seperti keterbatasan alat perangkat komputer dan penyediaan internet, tetapi itu tidak menjadi kendala. “Kedepan, pelaksanaan UNBK akan lebih diperbaiki,”katanya.
Menanggapi pertanyaan, adanya kegagalan Dinas Pendidikan Sumatera Utara sebagai penyelenggara serentak UNBK tingkat SMK di se Provinsi Sumatera Utara terkait kekurangan perangkat komputer dan jaringan internet serta masih banyak sekolah yang siswanya menumpang ujian UNBK ke sekolah lain. Hj Nurhazijah Marpaung menampiknya. Semua pelaksanaan ujian berjalan dengan baik, sesuai petunjuk Kementrian Pendidikan Indonesia.
“Tidak ada kendala,”jelasnya. Terkait adanya pertanyaan bagaimana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, khususnya di Kota Tebingtinggi untuk tingkat SMK dan SMA Negeri tahun 2017 ini, dimana ada sekolah yang sudah mempunyai perangkat internet ataupun yang belum.Wagub Nurhazijah Marpaung menjawabnya, “Tetap kita berlakukan PPDB online, sesuai dengan ketentuan yang ada,”ujarnya. Sementara Pj Walikota Tebingtinggi H Zulkarnain,SH,MSI berharap pelaksanaan UNBK tingkat SMK dan SMA sederajat kedepan bisa berjalan dengan baik dan kelulusan peserta didik di Kota Tebingtinggi diprediksi bisa seratus persen.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK se Kota Tebingtinggi. Eri Susanto melaporkan bahwa yang melaksanakan UNBK pada Tahun Ajaran ini, ada 16 sekolah, namun enam sekolah harus mengelar UNBK di sekolah lain, hal ini dikarenakan kekurangan perangkat komputer maupun jaringan internet untuk mengelar UNBK. Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Tebingtinggi untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diikuti sebanyak 1.981 siswa dari 16 sekolah, 4 SMK Negeri dan 12 SMK swasta dimulai dari tanggal 3-6 April 2017.
Sedangkan untuk menampung siswa yang akan mengikuti UNBK, kita buat secara bergelombang sampai sore. Karena masih ada SMK yang tidak memiliki perangkat komputer dan jaringan internet,”jelas Eri Susanto. -nur

Komentar

News Feed