oleh

Wahab Dalimunthe Gandeng LAPAN Sosialisasikan Teknologi Penerbangan dan Antariksa

Inimedan.com-Medan
Anggota Komisi VII DPR RI, H Abdul Wahab Dalimunthe,SH gandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dari Jakarta untuk melaksanakan sosialisasi seputar Teknologi Penerbangan dan Antariksa kepada masyarakat, Kamis (25/10) bertempat di Balai Desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang.

Turut hadir dalam sosialisasi bersama anggota DPR RI asal Sumut itu, Kabag Administrasi Satker Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN, Encung Sumarna,ST, didampingi Koordinator Humas Tri Widodo,S.Sos.MH, Wahyudi dan Mulyadi dari Staf Administrasi, Kepala Desa Bangun Rejo, Misno, Sekcam Tanjung Morawa Nelson Pakpahan, anggota DPRD Deliserdang Dinda Lubis, Babhinsa, Babhinkamtibmas, tokoh pemuda, agama dan ratusan peserta warga setempat.

Abdul Wahab Dalimunthe yang juga mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara ini memberi apresiasi atas sosialisasi yang disampaikan oleh LAPAN terkait teknologi inderaja yang dapat membantu nelayan dalam proses penangkapan ikan di laut, juga tentang teknologi penerbangan dan Antariksa yang kembali dikembangkan oleh LAPAN.

Kepada ratusan warga yang menjadi peserta sosialisasi Teknologi Penerbangan dan Antariksa, mantan Ketua DPRD Sumut ini memotivasi, agar diikuti dengan serius guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi penerbangan dan antariksa yang berguna bagi diri sendiri dan kepada para putra putrinya.

“Di era teknologi canggih saat ini, bukan hanya orang kota yang harus mengikutinya, namun warga desa juga harus paham dan mengerti penggunaan teknologi, agar memudahkan proses kerja dan berpeluang meningkatkan nilai ekonomi yang dihasilkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan,” ujar mantan Sekwildasu itu.

Sementara, Kepala Desa Bangun Rejo, Misno mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPR RI Wahab Dalimunthe dan pihak LAPAN yang memilih Desa Bangun Rejo menjadi tempat sosialisasi Teknologi Penerbangan dan Antariksa.

Misno berharap melalui sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi kepada para generasi muda mengenai teknologi penerbangan dan antariksa,katanya.

Hal senada juga disampaikan Sekcam Tanjung Morawa, Nelson Pakpahan mengharapkan kedepannya dapat digali potensi-potensi bisnis yang mungkin dapat dikembangkan dari hasil teknologi penerbangan dan antariksa khususnya di wilayah Kabupaten Deliserdang.

“Kami berterimakasih kepada anggota DPR RI Wahab Dalimunthe yang telah menggandeng LAPAN memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa, sehingga masyarakat bisa mendorong putra-putrinya lebih giat belajar dan dapat berkarya sebagai peneliti di LAPAN,” tandasnya.

Pada sesi sosialisasi, Kabag Administrasi Pustekbang LAPAN, Encung Sumarna, ST presentasikan mengenai profile LAPAN dan juga Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Encung juga menyampaikan beberapa jenis teknologi yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Deliserdang seperti pemanfaatan teknologi inderaja satelit dan foto udara menggunakan Lapan Surveillance UAV untuk kepentingan Rencana Tata Ruang dan Wilayah serta program pengembangan pesawat N219 serta N219 Amphibi untuk transportasi antar kepulauan.

Selain itu, disampaikan bahwa LAPAN sangat mengharapkan dukungan para generasi muda di Bangun Rejo, Tanjung Morawa untuk mencintai dunia penerbangan dan antariksa guna kemajuan bangsa dan Negara kedepannya,pungkasnya.

Pada sesi tanya jawab, masyarakat mengharapkan bahwa kedepannya di Deliserdang bisa diadakan lembaga pendidikan yang terkait dengan penerbangan dan antariksa agar pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang teknologi penerbangan dan antariksa lebih maju dan meningkat.

Usai acara sosialisasi, pihak Lapan memberikan cenderamata kepada Anggota DPR RI, H Abdul Wahab Dalimunthe, juga kepada Camat, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat yang diwakili Anggota DPRD Deliserdang Dinda Lubis, serta diakhiri dengan acara makan bersama.(Jal)

 

Komentar

News Feed