oleh

Wako Tebingtinggi Hadiri Rapat Percepatan Realisasi APBD Dan Evaluasi PPKM Kab/Kota Se-Sumut

inimedan.com-Tebigtinggi.
Wali Kota Tebingtinggi  Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M bersama Kapolres AKBP. M.Kunto Wibisono, S.H., S.IK, M.Si., Kajari Tebingtinggi Sundoro Adi S.H., M.H., Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian S.Stp., M.Si menghadiri Rapat Percepatan Realisasi APBD dan Evaluasi PPKM Kabupaten/Kota se-Sumut (Senin, 29/11) di Santika Premiere Dyandra Hotel dan Convention.
Menjelang akhir tahun 2021 serapan anggaran Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meningkat ke angka 72,9%. Angka ini berhasil dicapai usai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendorong Kabupaten/Kota menggenjot serapan anggarannya.
Menurut keterangan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat acara Asistensi Pengelolaan Keuangan Terkait Percepatan Penyerapan Anggaran dan Evaluasi PPKM di Santika Premiere Dyandra Hotel, tahun lalu serapan anggaran Provinsi Sumut sekitar 50%. Ada peningkatan sekitar 22%, namun Pemprov Sumut akan terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mendongkrak serapan anggarannya.
“Tahun lalu kita diposisi 20-an diakhir tahun, dengan serapan 50%. Sekarang kita meningkat keposisi delapan dengan 72,9%. Ini sisa 1 bulan lagi, karena itu kita berkumpul disini bersama Forkopimda dan kepala daerah, membahas bagaimana cara mempercepat serapan anggaran,” kata Edy Rahmayadi.
Dari data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Sumut, ada beberapa daerah yang serapan anggarannya masih di angka sekitar 50%. Rata-rata serapan anggaran di 33 Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut sebesar 62,12%.
“Masih ada yang kepala 50 (%), yang 70 % itu masih dua. Targetnya Tahun Anggaran (TA) ini bisa tercapai 90%, kalau bisa 100%. Dari acara ini harus ada peningkatan yang signifikan agar pemulihan ekonomi kita lebih cepat lagi,” kata Edy Rahmayadi.*Zul#

Komentar

News Feed