oleh

Wali Kota Harap Lahir Pengemudi Jadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Inimedan.com-Medan.

            Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadishub Kota Medan Iswar Lubis membuka kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Kota Medan Tahun 2019 di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja, Senin (8/7). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk wujud perhatian serta pembinaan Pemko Medan kepada para awak kendaraaan angkutan umum, guna mencipatakan jasa trasportasi yang selamat, aman, tertib dan nyaman.

            Pemilihan Abdi Yasa merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan melalu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan setiap tahunnya. Dalam kegiatan ini, Dishub memilih pengemudi atau awak kenderaan terbaik yang berasal dari berbagai jasa transportasi di Kota Medan.

            Tahun ini, pemilihan Abdi Yasa diikuti sebanyak 100 orang peserta. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kadishub Kota Medan kepada dua orang peserta. Melalui kegiatan ini, Iswar berharap agar awak kendaraan, khususnya pengemudi mempunyai pemahaman, kompetensi, pengetahuan yang luas, keterampilan yang mumpuni serta memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kendaraan di jalan melalui pelatihan yang disampaikan oleh sejumlah narasumber.

            Menurut Kadishub, kegiatan ini penting untuk dilakukan agar para awak kendaraan dapat lebih mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Terlebih, sebagai pengemudi yang memiliki tanggung jawab besar terhadap keselamatan banyak orang. Oleh karenanya, perlu adanya pelatihan guna memberikan pemahaman yang lebih signifikan.

            ‘’Ada berbagai permasalahan di sektor transportasi diantaranya faktor manusia, faktor kendaraan, kondisi jalan, infrastruktur dan lainnya. Namun faktor manusia dianggap menjadi pemicu utama terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu, melalui pelatihan ini, kami berharap agar semua awak kendaraan dapat memiliki dan merubah perilaku dalam berkendara sehingga menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,’’ kata Iswar.

Selanjutnya Iswar menekankan, pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara guna meningkatkan keselamatan di jalan juga perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun dari faktor lainnya termasuk pemerintah. Untuk itu, sebagai wujud komitmen atas hal tersebut maka Pemko Medan menyelenggarakan pemilihan Abdi Yasa Teladan tahun 2019.

            ‘’Pemilihan Abdi Yasa Teladan ini bertujuan memberikan penghargaan kepada awak kendaraan angkutan umum atas prestasinya di bidang transportasi sebagai wujud kepedulian Pemko Medan akan pentingnya peran awak kendaraan dalam membangun perwujudan keselamatan lalu lintas khususnya di Kota Medan,’’ ungkapnya

            Mengakhiri sambutannya, Iswar berpesan kepada seluruh pihak khususnya awak kendaraan agar mampu memberi contoh baik serta senantias menjaga etika dalam berkendaraan dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

            ‘’Angkutan umum menjadi bagian wajah kota metropolitan. Perilaku disiplin akan berdampak pada nilai keselamatan. Hal tersebut juga sekaligus mendukung terciptanya rasa aman dan nyaman sehingga masyarakat akan percaya untuk menggunakan jasa transportasi yang telah ada. Mari berkendara dengan baik dengan tidak ugal-ugalan serta menghargai hak orang lain ketika berkendara di jalan sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat menjadi positif kepada kita,’’ pesannya.

           Para peserta yang mengikuti pemilihan Abdi Yasa akan mengikuti pelatihan selama lima hari hingga Jumat (12/7). Pelatihan diisi dengan pemaparan materi dari sejumlah narasumber diantaranya dari PT Jasa Raharja, Satlantas Polrrestabes Medan, Dishub Provsu, BNN Sumut serta Dishub Kota Medan. Usai pelatihan peserta akan mengikuti ujian dan akan diseleksi hingga didapatkan 6 orang peserta terbaik dimana juara 1 dan 2 akan diikut sertakan dalam pemilihan Abdi Yasa Tingkat Provinsi. (di)

Komentar

News Feed