oleh

Wali Kota :Khebinekaan Jadi Harga Mahal yang Harus Dijaga

Inimedan.com-Medan.

Minggu pagi menjadi waktu bagi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH untuk melakukan kegiatan olahraga di arena Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (13/10). Selain olahraga, kesempatan ini dimanfaatkan Wali Kota untuk dapat bersilaturahmi dan bertatap muka langsung dengan warga Kota Medan yang juga tengah berolahraga seperti berlari, bersepeda, bermain badminton dan berkumpul bersama keluarga di lapangan bersejarah tersebut. 

Namun sebelum berolahraga, Wali Kota terlebih dahulu melepas seribuan peserta Jalan Sehat yang dimotori oleh Yayasan Senam Peremajaan Diri Indonesia (HaQi) Kota Medan di Jalan Pulau Pinang Medan. Pelepasan ditandai dengan mengangkat bendera yang dilakukan Wali Kota didampingi Ketua Umum HaQi Tongariodjo Angkasa. Nantinya seluruh peserta akan melewati rute yang telah ditetapkan panitia dengan finish kembali di Jalan Pulau Pinang. 

Sejak pukul 06.00 WIB, peserta dari berbagai kalangan dan usia telah memenuhi area Lapangan Merdeka dengan menggunakan warna baju yang senada. Selanjutnya, mereka kemudian bersiap menanti aba-aba dan pengangkatan bendera pelepasan dari orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. Usai dilepas, peserta kemudian perlahan berjalan melewati Wali Kota yang berada di atas panggung. Tampak Wali Kota melambaikan tangan dan menebar senyum kepada para peserta yang akan mengikuti kegiatan jalan sehat tersebut.

Wali Kota pun mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang digelar HaQi. Dinilai Wali Kota, langkah ini sejalan dengan upaya Pemko Medan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lewat berolahraga. Hal ini juga dibuktikan dengan digelarnya CFD setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka untuk dimanfaatkan dengan seluas-luasnya bagi warga Kota Medan agar gemar berolahraga.

“Senang sekali di pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama dalam kegaiatan jalan sehat bersama HaQi. Tentu hal ini sangat kita sambut baik apalagi tujuannya untuk mengajak masyarakat agar gemar berolahraga dengan harapan dapat menjalankan pola hidup sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit,” kata Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota mengungkapkan kegiatan ini menjadi sarana perekat bagi warga Kota Medan. Sebab, seluruh komponen dari berbagai usia, agama dan etnis berkumpul bersama menjadi satu kesatuan. Hal tersebut tentunya bilang Wali Kota menunjukkan wajah Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis dan nyaman dan dapat hidup berdampingan meski di tengah perbedaan.

“Banyak cara dan kesempatan yang dapat mempersatukan kita. Khebinekaan yang diwujudkan dengan kebersamaan dan kedamaian menjadi harga mahal yang harus kita jaga bersama. Apalagi untuk Kota Medan yang disebut sebagai miniaturnya Indonesia. Mari kita terus bergandeng tangan bersama, menjaga kekondusifan dan kenyamanan Kota Medan sebagai rumah bagi siapa saja,” ajaknya.

Di kesempatan tersebut, Wali Kota juga menerima plakat dari Ketua Umum HaQi Tongariodjo Angkasa. Hal itu diberikan sebagai wujud terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan sambutan yang diberikan Wali Kota atas terselenggaranya kegiatan jalan sehat tersebut. “Kami mengaku senang karena Bapak Wali Kota masih menyempatakan waktunya untuk hadir bersama di tengah-tengah kita. Sungguh ini memberi rasa bangga bagi kami semua ,” ungkap Tongariodjo.

Usai seluruh peserta berjalan melewati rute dan kembali ke garis finish di Jalan Pulau Pinang, acara selanjutnya diisi dengan hiburan dan pembagian bingkisan lucky draw. Di sela-sela acara, Wali Kota juga terlihat memenuhi permintaan para warga untuk berswafoto dengannya. Selain itu, Wali Kota juga sekaligus berkeliling guna meninjau kondisi dan kebersihan lapangan yang menjadi instrumen sejarah Kota Medan tersebut. (di)

Komentar

News Feed