oleh

Walikota T.Tinggi Resmikan UPTD Meteorologi Legal

Inimedan.com- Tebing Tinggi.
Pemerintah Kota Tebingtinggi melalui Dinas Perdagangan berhasil memiliki Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Mateorologi Legal. UPTD Meteorologi Legal diresmikan Walikota Ir H Umar Zunaidi Hasibuan,MM. Mateorologi ini merupakan satu di antara dua UPTD milik pemerintah daerah di Sumut sesudah Kab. Deli Serdang. Keberadaannya siap melayani sekira 17.044 pengusaha dengan 50.798 unit timbangan yang ada di Kota Tebingtinggi.
Info terangkum, saat dilaksanakan peresmian penggunaan UPTD Meteorologi Legal, Rabu (9/8), di Kel. Lalang, Kec. Rambutan Tebing Tinggi dihadiri Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag RI Rusmin Amin dan bersama pejabat SKPD lainnya.
Dalam kesempatan itu. Dirjen Perlindungan Konsumen Kemendag RI Rusmin Amin, mengatakan hingga kini keberadaan UPTD Meteorologi Legal di seluruh Indonesia masih sedikit. Dari sekira 500 lebih kabupaten/kota, hanya terdapat 89 kabupaten/kota yang memiliki UPTD Meteorologi Legal yang telah operasional, termasuk Kota Tebingtinggi.
Dirinya berharap agar keberadaan UPTD bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka menciptakan perdagangan yang jujur. “Selama ini kita abai soal alat ukur bagi pedagang tradisional, dengan keberadaan UPTD ini kita akan memperkuat pedagang tradisional,” ujar Amin.
Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, memberikan apresiasi tinggi terhadap Kemendag RI yang telah memberi perhatian besar pada Kota Tebingtinggi. Misalnya, Kemendag RI telah mengucurkan dana hingga Rp50 milyar untuk merehabilitasi Pajak Bunga juga membangun dua pasar kecamatan.
Sebelumnya kata Walikota, Kemendag RI juga telah memberikan bantuan pembangunan gedung UPTD Meteorologi Legal. “Sebagai kota jasa dan perdagangan, keberadaan UPTD ini menjadi penting untuk menjamin kepastian dalam dunia perdagangan,” ujarnya, selain itu bidang yang tidak hanya bersifat duniawiyah tapi juga menyangkut urusan akhirat, Walikota berpesan kepada jajaran UPTD Meteorologi Legal agar bekerja secara profesional. “Kita berharap agar petugas yang melayani pedagang dengan pengusaha tanpa pungli. UPTD ini hendaknya bisa melayani daerah sekitar kita,” pesan Umar Zunaidi.
Sementara itu Kadis Perdagangan Sahnan Hasibuan,SH,MH menyatakan keberadaan UPTD Meteorologi Legal ini, salah satu tujuannya guna menjaga kepastian takaran dalam dunia perdagangan di Kota Tebingtinggi. “Dengan diteranya selurunurh timbangan pedagang, maka konsumen diharapkan tidak ragu untuk berbelanja di berbagai pasar,pungkas Sahnan. (NITT)

Komentar

News Feed