oleh

WBP Rutan Labuhan Deli Diberi Pembinaan

Inimedan.com-Labuhan.

Rutan Klas II-B Labuhan Deli menggelar kegiatan evaluasi pembinaan kepada 100 orang perwakilan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Pembinaan dilakukan secara langsung di ruang terbuka di Rutan Klas II Labuhan Deli, Jalan Titi Pahlawan, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (24/9).

Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang mengatakan, kegiatan evaluasi bertujuan untuk membina WBP untuk menjadi lebih baik kedepannya dan mengetahui apa yang menjadi hak mereka selama berada di rutan.

“Mereka kita berikan penjelasan tentang hak dalam pengurusan administrasi cuti bersyarat/pembebasan bersyarat (CB/PB), pelayanan kesehatan, makanan, kebutuhan air, listrik dan kerohanian”, ucapnya.

Pembentukan mental kepada arah yang lebih baik, diberikan langsung oleh pejabat struktural dan staf untuk melakukan urung rembug kepada warga binaan, jelas nimrot.

Harapannya, sambung Karutan Labuhan Deli itu, pembinaan secara regular dilakukan setiap minggu kita harapkan kegiatan pembinaan ini ‎dapat menyadarkan mereka dari hal negatif ke arah yang positif, sehingga, warga binaan mampu melakukan etika baik selama menjalani hukuman dan sekembalinya mereka nanti ketengah keluarga mereka  dan ketengah masyarakat.

“Kita bersyukur, sikap warga binaan bisa lebih sopan, berkreatif, mampu menjaga kebersihan dan sadar akan kesalahan mereka sendiri. Upaya ini, akan terus kita lakukan,” kata Nimrot.

Disinggung, apakah program itu bekerja sama dengan pihak lain, Nimrot mengaku, sebanyak 1388 warga binaan yang berada di Rutan Klas II Labuhandeli, selama ini dibina masih dibina oleh internal petugas di Rutan Klas II Labuhandeli.

Namun, mereka tidak tutup kemungkinan, membuka pintu kepada pihak lain untuk menyumbangkan hal positif agar bisa memberikan sosialisasi kepada warga binaan untuk arah yang lebih baik.

“Sebelumnya, kita pernah menerima konseling dari Yayasan Moralitas untuk memberikan sosialisasi kepada warga binaan, namun bila ada yang ingin memberikan sumbangsih secara gratis, akan membantu mereka demi masa depan warga binaan,” ungkap Nimrot.

Salah satu warga binaan, Lukman mengatakan, pembinaan yang mereka terima, manyadarkan mereka untuk lebih sadar berbuat baik sesama warga binaan dan lingkungan di Rutan Klas II Labuhandeli.

“Kita jadi lebih taat ibadah, bisa menjadikan diri kita hidup bersih dan saling menghormati sesama teman, makanya, kami bisa berpikir secara terbuka untuk berbuat baik, untuk menyadari perbuatan yang sudah kami lakukan,” ungkap Lukman. (Tp)

 

 

 

Komentar

News Feed