oleh

FPTI Sumut Gelar Seleksi Atlet Menuju Persiapan PON XXI/2024 Aceh-Sumut

Inimedan.com-Medan
Sebanyak 33 atlet adu prestasi diajang seleksi atlet panjat tebing Sumatera Utara (Sumut) Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut di halaman stadion mini Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar Medan, Senin (21/6/2021). Kegiatan seleksi ini dibuka Wakil Sekretaris KONI Sumut, Dr. Mesnan, M. Kes.

“Sebuah prestasi puncak bagi seorang atlet dalam dunia olahraga tidak bisa didapat secara
instan, tetapi harus melalui jalan panjang dan bertahap. Tahapan tersebut mulai dari pembibitan, proses pembinaan dan proses evaluasi sampai dengan prestasi yang diraih oleh atlet tersebut”, ujar Mesnan dihadapan atlet panjat tebing yang mengikuti seleksi Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Senin (21/6/2021).

Mesnan menambahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi atlet agar berprestasi
dalam bidang olahraga, khususnya cabor panjat tebing. Peningkatan prestasi olahraga merupakan
proses panjang yang melibatkan semua pihak. Untuk itu, atlet yang mengikuti seleksi ini harus mampu untuk menunjukkan kualitas sehingga dapat bergabung di Pelatda jangka panjang ini.

“PON XXI/2024, Sumut sebagai salah satu daerah yang menjadi tuan rumah. Hal ini tentunya menjadi peluang emas bagi atlet panjat tebing untuk menjadi bagian dari tim kontingen Sumut untuk menunjukkan prestasi di arena bergengsi pesta olahraga tanah air yang digelar empat sekali” tandasnya.

Sementara itu, Kadispora Sumut diwakili Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga, Drs Josua Sinurat MM mengatakan, seleksi atlet panjat tebing se-Sumut ini diharapkan dalam pembinaan Pelatda jangka panjang harus mampu melahirkan atlet yang potensial dan berkualitas sehingga memperoleh prestasi terbaik di tingkat nasional, tentunya pada ajang PON Aceh-Sumut yang digelar 2024 mendatang.

“Seleksi yang dilaksanakan FPTI Sumut ini untuk proyeksi menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Seleksi ini juga bertujuan untuk mencari bibit baru, dengan memberikan pembinaan jangka panjang kepada para atlet panjat tebing. Mudah-mudahan atlet yang terpilih nantinya dalam pembinaan dapat menunjukkan prestasi berada di podium tertinggi, mengharumkan nama “Sumut Bermartabat”, tutur mantan pegulat nasional ini.

Disisi lain,  Ketua Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumut, Yezri Amri Rinjani, drg, Sp.Ort mengatakan FPTI Sumut menggelar seleksi atlet untuk Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 yang diadakan di di halaman stadion mini Dispora Sumut Jalan Willem Iskandar Medan, selama dua hari, Senin (21/6/2021) dan Selasa (22/6/2021)

Ia mengatakan KONI Sumut telah memberikan kesempatan kepada FPTI Sumut untuk menggelar seleksi untuk menjaring 8 atlet yang terdiri dari 4 atlet putra dan 4 atlet putri yang akan diikutkan serta dalam kontingen Sumut pada perhelatan PON Aceh-Sumut.

Sambung Yezri, seleksi yang digelar diikuti sebanyak 33 atlet terdiri dari 14 atlet putra dan 19 atlet dari 6 Pengcab/Pengkot FPTI yakni Medan, Binjai, Sergai, Langkat, Asahan dan Karo. Seleksi ini dengan memperlombakan 3 nomor pertandingan.

Tambah Yezri, seleksi ini sebagai persiapan atlet berlaga di PON 2024 mendatang. Makanya geliat FPTI hari ini moga-moga bisa menghasilkan atlet-atlet berprestasi sebab tidak ada prestasi yang tidak direncanakan dengan matang.

Lebih lanjut Yezri menyebutkan
seleksi bertujuan untuk mewadahi atlet-atlet yang selama ini dibina oleh klub yang ada di Pengcab/Pengkot se-Sumut. Untuk itu, atlet diberikan kesempatan untuk bersaing secara sehat menunjukan prestasinya masing-masing.

“Sumut menjadi tuan rumah pada PON XXI/2024, pertandingan panjat tebing akan di gelar di Aceh. Meskipun dipertandingkan di Aceh tidak ada menjadi masalah karena Sumut juga tuan rumah. FPTI Sumut terus melakukan pembinaan semaksimal mungkin sehingga atlet dapat mendulang medali untuk memberikan kontribusi medali bagi kontingen Sumut. (Bayu)

Komentar

News Feed