Uji Kelayakan Capim KPK Dimulai Besok

INIMEDAN – Mulai Senin, 14 Desember hingga 16 Desember 2015, Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan (capim) KPK. Tes tersebut dilakukan bagi 8 capim KPK hasil seleksi Pansel.

Dari jadwal yang diperoleh, Minggu (13/12/2015), akan ada 4 capim yang akan mendapat giliran pertama pada Senin (14/12/2015) besok. Keempatnya yaitu Sujanarko, Alexander Marwata, Johan Budi Sapto Pribowo dan Saut Situmorang.

Uji kelayakan dan kepatutan sendiri akan dimulai pada sekitar pukul 10.00 WIB. Sujanarko akan mendapatkan giliran pertama selama 2 jam, kemudian dilanjutkan Alexander, lalu Johan hingga Saut.

Setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap seorang capim, akan ada jatah waktu istirahat sekitar 1 jam sebelum melanjutkan kembali. Giliran terakhir yaitu Saut akan dimulai pada pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Kemudian pada Selasa (15/12/2015), 4 orang capim lagi akan menjalani tes. Keempatnya yaitu Surya Tjandra, Robby Arya Brata, Basaria Panjaitan dan Agus Rahardjo.

Lalu untuk hari terakhir pada Rabu (16/12), tersisa 2 capim KPK yang akan diuji yaitu Laode Muhammad Syarif dan Busryo Muqqodas.

Namun Busyro dan Robby sudah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III pada 3 Desember 2014 dan 4 Desember 2014. Keduanya sudah memaparkan visi misinya sebagai calon pimpinan KPK sehingga hanya akan ditanya keikutsertaan dalam pemilihan pimpinan KPK pada 16 Desember.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman pada Jumat (4/12/2015) mengatakan, Robby dan Busyro memang diundang hadir untuk mengambil nomor urut capim KPK saat 8 calon hasil Pansel mengikuti pembuatan makalah.

“Keputusan Komisi III dilakukan hanya untuk konfirmasi masih lanjut atau tidak. Cuma Pak Busyro tidak datang. Khusus untuk Pak Robby tidak buat makalah tapi tetap buat nomor untuk nanti kita undang masih mau enggak? siapa tahu ada perubahan,” ujar Benny memberi penjelasan saat itu. [DC]

Komentar