180 Kotak Suara Pemilu di Taput Didistribusikan ke 15 Kecamatan

Daerah, Politik, Sumut151 Dilihat

inimedan.com-Taput |   Kesibukan persiapan Pemilu 2024 tampak mewarnai suasana di Gudang Aset Negara  Taput Jalan Balige Tarutung. Di tempat itu diketahui merupakan tempat proses pelipatan dan penyimpanan kertas suara yang akan disalurkan ke 15 Kecamatan se Tapanuli Utara. Sejumlah truk yang dipersiapan untuk pengangkutan logistik pemilu, Senin ( 12/2) mulai pagi kelihatan memasuki area pergudangan tersebut.

Tempat itu tampak dijaga cukup ketat aparat kepolisian. Truk- truk itu secara beriringan masuk dari jalan pintas di belakang Kantor Dinas PUPR Taput di kawasan Desa Parbaju Julu Tarutung. Menurut informasi media sebelumnya disebut bahwa KPUD Taput menargetkan  pendistribusian logistik Pemilu 2024 bisa tuntas dalam dua hari di 15 kecamatan. Ketua KPU Tapanuli Utara, Swardi Pasaribu menjelaskan telah didistribusikan ke 12 kecamatan, kemudian sisa untuk 3 kecamatan diupayakan sampai esok hari dengan pengamanan ketat aparat kepolisian dari Polres Taput.

Ket. Gambar: Bupati Taput saat pelepasan logistik Pemilu 2024.( ist/ JM )

Distribusi logistik hari ini di dua kecamatan yaitu Kecamatan Garoga dan Parmonangan, selanjutnya sepuluh kecamatan didistribusikan menyusul hari ini, sementara untuk tiga Kecamatan lagi besok Selasa ( 13/2), sebut Ketua KPUD Pasaribu kepada wartawan.

“Sebanyak 5.180 kotak logistik didistribusikan dengan pengamanan satu personil aparat kepolisian tiap armada ,” kata Swardi Pasaribu saat pelepasan armada logistik bersama Forkopimda pada Senin siang. Pasaribu berharap jajaran PPK, PPS dan KPPS ditiap kecamatan bekerja profesional berazaskan jujur serta adil tanpa keberpihakan kepada kontestan Pemilu 2024. “Kami dari  KPU berharap PPK, PPS dan KPPS mampu melaksanakan tugasnya  sesuai regulasi yang ada,” harap Swardi Pasaribu.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan mengatakan bahwa unsur Forkopimda Taput, terutama masyarakat dan pihak Panwas harus bertanggungjawab melakukan pengawasan jalannya pemilihan. ” Mari kita sama- sama menyukseskan pemilihan 2024 ini, dan harus ada keterbukaan informasi agar terhindar dari permasalahan yang tak diinginkan, ” ujarnya.

Bawaslu Taput pun diharapkan ikut proaktif mengawasi pelepasan distribusi dan berjalan lancar serta mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian dan TNI. Turut hadir pada pelepasan logistik itu, Komandan Kodim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal, Wakapolres Taput Kompol Mitha Natasia Simatupang, Ketua Bawaslu Taput Kopman Pasaribu, Kasatpol PP Rudi Sitorus dan Kesbangpol Taput Tony Simangunsong.

Sejauh ini pantauan inimedan.com,situasi jelang hari   H Pemilu 14 Februari di wilayah Tapanuli Utara, aman kondusif. * le#

Komentar