Empat Puskesmas Dairi Studi Banding ke Puskesmas Sibande Pakpak Bharat

Inimedan.com-Salak   |  Empat Puskesmas Dairi Studi. Empat Puskesmas Kabupaten Dairi, melakukan Kaji Banding ke Puskesmas Sibande, Kabupaten Pakpak Bharat, pada Rabu (27/03/2024). Kaji Banding ini dilakukan guna memahami dan mempelajari metode, serta inovasi pelayanan yang diterapkan oleh Puskesmas Sibande.

Empat Puskesmas Dairi Studi. Plt. Kepala UPT Puskesmas Sibande, Syafrida Eriyanti S.Tr.Keb menjelaskan, Kaji banding Puskesmas, adalah kegiatan yang lumrah dilakukan oleh pihak Puskesmas, untuk belajar dari Puskesmas lain , yang dipandang memiliki metode dan sistem pelayanan lebih baik.

Dalam hal ini kita ketahui Bersama bahwa Puskesmas Sibande telah mendapatkan nilai Paripurna pada akreditas dibulan Oktober 2023 lalu. Setiap Puskesmas yang melakukan kaji banding didampingi oleh Kepala Puskesmas dan Ketua Tim yang terbagi atas 5 Kelopok Kerja, yaitu Admin, UKM, UKP, PPN dan Mutu. Kita tentu dengan senang hati bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan teman-teman kita sesame pelayan Kesehatan, yang tentu akan bermuara pula pada peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kita di sini, jelas dia.

Tujuan dari kaji banding puskesmas adalah untuk meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas, mempelajari inovasi dan best practice yang diterapkan oleh Puskesmas lain, menggali informasi dan pengalaman puskesmas lain, serta emperluas jaringan kerja sama puskesmas.

Kegiatan kaji banding puskesmas dapat memberikan manfaat bagi Puskesmas yang melakukan kaji banding, yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas Puskesmas, meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas, meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas, meningkatkan efisiensi dan efektivitas Puskesmas, meningkatkan daya saing Puskesmas.

Kaji Banding ini, juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Sudyanto Bancin, SKM yang memaparkan materi tentang peran serta Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan akreditasi Puskesmas. Sementara Plt. Kepala Puskesmas Sibande, Syafrida Eriyanti juga memaparkan materi dan penjelasan poin-poin penting penilaian akreditasi serta profil puskesmas.

Empat Puskesmas yang mengikuti kegiatan kaji banding hari ini yakni Puskesmas Sumbul yang juga merupakan Puskesmas Rawat Inap, Puskesmas KM 11, Puskesmas Huta Rakyat dan Puskesmas Berampu.

“Kaji Banding ini kami harapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas. Dengan melakukan Kaji Banding, kami dapat belajar banyak di Puskesmas ini yang telah lebih baik dan menerapkan inovasi dan best practice yang telah terbukti efektif,” ucap dr Edison Damanik, kepala Puskesmas Sumbul saat menyampaikan kesan-kesannya. *Babe#

 

Admin : Ariadi

Wartawan : Besri

Komentar