Lapas Pematang Siantar Sukses Jalankan Program Pesantren Kilat Bagi Warga Binaan

Inimedan.com-Pematang Siantar   |  Lapas Pematang Siantar Sukses. Kalapas Lembaga Permasyarakatan IIA Pematangsiantar, Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara resmi tutup kegiatan pesantren kilat, untuk warga binaan yang dihadiri Ketua dan Sekretaris Umum MUI Pematangsiantar, di Masjid At Taubah Lapas Pematangsiantar, Jalan Asahan Kilometer 6 Kabupaten Simalungun, Sumut, pada Rabu (27/03/2024).

Lapas Pematang Siantar Sukses. Kegiatan pesantren kilat selalu digelar pada momen bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan antara lain pembinaan Islami untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Juga bermanfaat untuk mengisi berbagai kesibukan ditengah menjalankan ibadah puasa.

Laporan kegiatan yang disampaikan Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Edward Situmorang menyatakan, Program Pesantren Kilat merupakan bentuk Mou yang telah dijalin Pihak Lapas Pematang Siantar dengan MUI Pematangsiantar dalam rangka pembinaan Rohani Warga Binaan.

Sementara itu, Sekretaris umum MUI Pematang Siantar Ahmad Ridwansyah Putra menyampaikan apresiasinya terhadap trobosan yang dicanangkan Lapas Pematangsiantar. Beliau berterimakasih kepada Kalapas yang telah memfasilitasi pesantren kilat sebagai Syiar Islam bagi Warga binaan.

Pada akhir kegiatan, Kepala Lapas Pematangsiantar M. Pithra Jaya Saragih mengaku bangga terhadap warga binaan yang senantiasa berkelakuan maupun beriktikad untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Setelah menyaksikan praktek Imam serta Khatib oleh warga binaan beliau mengaku bahwa suasana penjara telah tergantikan dengan suana damai dan tentram bagaikan sebuah pesantren.

“Insya Allah, apabila memungkinkan kita juga akan menggandeng masjid-mesjid terdekat, kita ajak saudara-saudara kita untuk asimilasi kemesjid terdekat, mendekatkan diri saudara-saudara kemasyarakat sebekum nantinya kembali ke Masyarakat”, Ucap Pithra dalam sambutannya sekaligus menutup program pesantren kilat tahun 1445 H.

Salah satu kegiatan pesantren kilat tersebut diisi dengan pemberian sertifikat terhadap peserta oleh Kalapas kelas IIA Pematangsiantar. Turut diberikan Piagam Apresiasi kepada MUI Pematangsiantar dan kepada tim Pembina Pesantren Kilat.

Selain menerima piagam serupa, Lapas Pematangsiantar turut menerima hibah berupa buku-buku Islami dari MUI Pematangsiantar yang diserahkan kepada BKM Mesjid At-Tahbah Lapas Pematangsiantar. *tp#

 

Admin : Ariadi

Wartawan : Tumpak