Nikson Nababan Terpilih Jadi Ketua Umum Marga Sihombing Taput

Daerah, Taput43 Dilihat
inimedan. com_Tarutung.
Suku Batak sejak lama telah menerapkan organisasi internal marga. Hampir setiap marga memiliki “punguan parsadaan” ( kumpulan persatuan), untuk menjaga dan merawat kebersamaan di antara sesama marga tertentu. Demikian halnya marga Sihombing, salah satu marga dengan populasi besar di antara sekian banyak marga Batak Toba. Sudah jadi kesepakatan pula sesuai AD/ART, kepengurusan dipilih secara priodik.
Seperti juga marga yang terhimpun dalam Toga Sihombing. Pemilihan  Kamis( 30/6), berhasil memilih pengurus baru, dengan Ketua Umum baru terpilih Drs Nikson Nababan MSi ( Bupati Taput).
 Musyawarah pemilihan pengurus Toga Sihombing (PARTOGI) boru bere,ibebere Tapanuli Utara masa bakti 2022-2026 dilaksanakan di Sopo Partukkoan, sepakat dengan memilih ketua umum dan pengurus inti lainnya berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang kental.    Parsadaan Toga Sihombing merupakan wadah pemersatu 4 marga terdiri dari Silaban (Borsak Jungjungan), Lumbantoruan (Borsak Sirumonggur), Nababan (Borsak Mangatasi) dan Hutasoit (Borsak Bimbinan).
Ketua Panitia, Parlin Hutasoit, memaparkan dalam laporannya, agenda pemilihan pengurus Toga Sihombing dihadiri perwakilan empat marga Toga Sihombing dari 15 Kecamatan se-Taput.
Sebelum pelaksanaan pemilihan ketua umum  dan pengurus, sidang pleno terlebih dahulu dibentuk yang beranggotakan 5 orang. Masing-masing mewakili Silaban, Lumbantoruan, Nababan dan Hutasoit ditambah satu orang dari panitia.
Pimpinan sidang pleno, Alamsyah Lumbantoruan, menyampaikan, bahwa agenda hari ini pengurus yang akan dipilih terdiri dari ketua umum, sekretaris umum dan bendahara umum . Calon ketua umum, sekretaris umum dan bendahara umum adalah yang diusulkan Pomparan Toga Sihombing perwakilan 15 Kecamatan.
Namun sebagaimana dilansir media, pimpinan sidang menawarkan pemilihan pengurus bisa dilakukan melalui musyawarah dan mufakat.  Apabila pemilihan pengurus tidak bisa tercapai melalui musyawarah dan mufakat maka dilakukan melalui voting dan seluruh peserta menyatakan setuju melalui musyawarah dan mufakat.
Perwakilan 15 Kecamatan mengajukan calon Ketua Umum Nikson Nababan, Sekretaris Parlin Hutasoit dan Bendahara Alamsyah Lumbantoruan. Dengan demikian, kepengurusan PARTOGI 2022-2026 terpilih secara musyawarah dan mufakat.
 Usai terpilih sebagai Ketua Umum PARTOGI 2022-2026, Nikson Nababan yang juga Bupati Taput dalam sambutannya menyampaikan akan terlebih dahulu membentuk formatur kepengurusan secara lengkap. “Terima kasih atas kepercayaan Pomparan Toga Sihombing yang memberikan kepercayaan kepada saya. Ke depan mari kita jalin rasa persaudaraan diantara kita Pomparan Toga Sihombing.  Doakan saya agar mampu membawa Toga Sihombing semakin maju,” pinta Nikson yang diamini peserta musyawarah. *le#

Komentar