PDIP Tetap Teratas, Perindo Bikin Kejutan di Pemilu Taput

Inimedan. com- Taput

Perhelatan Pemilu di Taput telah usai. Khusus untuk pemilihan legislatif di level Kabupaten Taput, tercatat ada partai yang berhasil bikin kejutan, ada yang tetap unggul, dan ada pula partai yang kurang beruntung mengantarkan kadernya ikut duduk di DPRD.
Partai Perindo Kabupaten

Tapanuli,Sumatra Utara diperkirakan akan sukses meraih sedikitnya 6 (enam) kursi di DPRD Taput, menyusul rekapitulasi yang mereka lakukan di internal partai. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini kemungkinan akan menggeser dominasi Partai Nasdem atau Partai Golkar, yang pada Pemilu Legislatif 2019 masuk dalam tiga besar peraih suara terbanyak.
Banyak kalangan menilai, munculnya sukses Perindo ini dengan raihan kursi signifikan di DPRD Taput, setidaknya akan membentuk poros kekuatan politik baru di Taput.


“Politik tidak statis tapi selalu dinamis. Saya melihat melejitnya  Perindo di Taput setidaknya telah mewarnai peta perpolitikan daerah ini,” komen Praktisi Jurnalistik L. Simanjuntak  menanggapi prestasi partai itu.
Jurnalis yang sudah puluhan tahun meliput berita terkait ajang politik di Taput itu menyebut, setidaknya prestasi  Perindo di Taput bisa menjadikan mereka sebagai kekuatan penyeimbang, dalam konteks pembangunan daerah, pemerintahan, dan kemasyarakatan. Itu mengindikasikan  adanya trik-trik terbaru yang diterapkan dalam menumbuhkan gairah ketertarikan massa pendukung terhadap partai tersebut.
Sementara itu Bendahara DPD Partai Perindo Taput Savei Alenro Parapat, Minggu ( 18/2) menjelaskan, dari hasil rekapitulasi Pemilu Legislatif di internal partainya, tercatat sudah menghimpun suara signifikan untuk memastikan 6 orang kadernya duduk di DPRD Taput.
” Justru itu,sesuai perhitungan kita dari laporan saksi-saksi seluruh TPS, puji syukur bahwa di masing-masing daerah pemilihan (dapil), kita mendapat 1 kursi untuk DPRD Taput. Bahkan di Dapil 3 dapat 2 kursi,”kata Alenro Parapat, yang juga dipercayakan sebagai Ketua Bapilu Perindo Taput.
Tercatat, nama -nama caleg Perindo yang diperkirakan masuk ke DPRD Taput yakni: Dedy Hutabarat (Dapil 1), Poltak Sipahutar (Dapil 2), Jan David Silalahi (Dapil 3), Selamat Pakpahan (Dapil 4) dan Erwin Simamora (Dapil 5)
“Namun satu lagi kursi di Dapil 3 akan kita tunggu hasil rekapitulasi ril dari KPU, mungkin antara saudara Tohonon Lumbantoruan atau Ramlan Nababan,”kata Savei Alenro dilansir media online Senin (19/2).
Di level lainnya caleg DPRD-SU Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat atau yang akrab disebut JTP , diperkirakan mendulang  40 ribu suara plus minus untuk memuluskan langkahnya duduk kembali di DPRD-Sumatra Utara. Sebelumnya JTP sudah lolos duduk di provinsi dari partai yang sama. Sejak awal mantan Kapolres Taput itu sudah diprediksi akan berhasil lolos kedua kalinya, mengingat JTP sudah memiliki basis massa fanatik di berbagai daerah.
” Kita telah hitung kembali suara pak JTP sudah mencapai 40 ribu lebih ,”papar Savei Alenro.
Meskipun demikian, Ketua KPU Taput Swardy Pasaribu mengatakan hasil perhitungan Pemilu Legislatif yang dilakukan partai-partai secara mandiri di Taput, belum dapat menjadi acuan resmi. Kepastiannya setelah perhitungan valid selesai dan diumumkan KPU secara resmi.
“Kita masihvharus menunggu perhitungan resmi di KPU. Jadwalnya sedang kita susun, saat ini perhitungan masih ditingkat PPK (kecamatan),”ujarnya.
Kontributor media ini mencatat, untuk level legislatif provinsi, beberapa sosok caleg yang perolehan suaranya signifikan antara lain Satika Simamora, Sorta Siahaan ( PDIP), Jonius Taripar Hutabarat ( Perindo). Sementara di level kabupaten  Taput, tersebut nama Frengky Simanjuntak ( Hanura),  Feri Silitonga,  Fatima Hutabarat  ( Nasdem ), Frido Sinaga ( PDIP), Dedy Hendra SH ( Perindo), Dapot Hutabarat ( Demokrat),  Andri Hamonangan Nababan ( PDIP), Royal Simanjuntak ( PKB). Beberapa nama lainnya yang raihan suaranya cukup besar, masih menunggu validitas data akhir. *leo#

 

Komentar