oleh

Peran Kepala Desa Dapat Cegah Masuknya Narkoba

INIMEDAN-Stabat
Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan permasalahan yang kompleks, sehingga upaya penanggulangannya harus melibatkan semua elemen, baik Pemerintah maupun masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan.
Nah, untuk mencegah semakin berkembangnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba itu, BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Langkat menggelar rapat koordinasi dengan para Lurah dan Kepala Desa, sebab peran aktif Lurah dan Kepala Desa dapat mencegah masuknya narkoba.
Acara rakor tersebut dilksanakan di Gedung Aula Kantor Camat Hinai dan turut dihadiri oleh para Lurah dan Kepala Desa yang berada di wilayah Langkat Hilir yang Desanya dinilai rawan narkoba serta Kepala BNNK Langkat, AKBP.Drs.H.Suyoso, SH.MH, Kepala BNNK Binjai, AKBP.Drs. H. Safwan Khayat, MHum,dan Camat Hinai, Fahri Azhari, S.STP, M.SP,
Dalam sambutannya, Kepala BNNK Langkat mengatakan Negara kita sudah darurat narkoba. Untuk itu, Negara menyatakan perang melawan narkoba.
“ Karena itu, BNN mengajak seluruh elemen masyarakat agar ikut bersama- sama memberantas narkoba, sebab narkoba adalah musuh negara dan narkoba adalah musuh kita bersama. Jadi, sudah menjadi kewajiban kita untuk membasminya,” ujarnya.
Lebih lanjut Suyoso menambahkan bahwa BNN juga mengharapkan dengan adanya pertemuan ini kita bisa mengambil kesimpulan dan kesepahaman bagaimana mencegah dan memberantas narkoba, di mulai dari lingkungan kita masing – masing.
“ Lurah dan Kepala Desa pasti yang lebih tahu dan faham dengan situasi dan kondisi daerahnya. Karena itu, Lurah dan Kepala Desa harus dilibatkan, jangan ditinggalkan,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala BNNK Binjai, AKBP.Drs. Safwan Khayat, MHum pada paparannya mengatakan, saat ini Negara sudah menyatakan perang terhadap narkoba. Perangnya memang tidak tampak, tapi dampak dari narkoba itu yang sangat jelas terlihat di masyarakat.
“ Akibatnya, saat ini nyaris tidaka ada Kelurahan atau Desa yang bersih dan bebas dari narkoba. Inilah tantangan yang kita hadapi,” ujarnya.
Sedangkan Camat Hinai, Fahri Azhari, S.STP, M.SP langsung berpesan kepada Kepala Desa, agar memainkan peran sebagaimana yang diharapkan. (boas)

Komentar

News Feed