76 Kesebelasan Bersaing di LPI Medan

Olahraga40 Dilihat

Inimedan.com
Sebanyak 76 Kesebelasan bersaing dalam Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kota Medan 2016. Liga memperebutkan Piala Wali Kota Medan itu dibuka resmi Wakil Wali Kota Medan, Ir Achyar Nasution, di Stadion Teladan Medan, Selasa (13/12).

Achyar Nasution dalam sambutannya mengapresiasi Dispora Medan yang terus konsisten menggelar LPI sebagai ajang pembinaan sepakbola pelajar. Dia berharap melalui LPI, akan lahir pesepakbola andal yang ke depan bisa memperkuat PSMS Medan bahkan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Achyar memotivasi para peserta. Menurutnya, menjadi pesepakbola yang utama adalah semangat juang. Dia mencontohkaan Timnas Vietnam yang dengan hanya 10 pemain bisa mencetak dua gol saat menghadapi Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF.

“Semangat itu harus kalian tanamkan sejak sekarang. Kalian harus menjadi pemain sepakbola hebat tanpa mengesampingkan pendidikan. Saya dulu juga seperti kalian, latihan sepakbola jam 3 sore tapi sekolah tidak pernah tinggal,” ucap Achyar.

Lebih lanjut Achyar mengatakan menjadi pemain sepakbola adalah kebanggaan. Karena dalam sepakbola ada nilai-nilai yang tidak didapat dalam bangku sekolah. Nilai-nilai itu adalah sportivitas, semangat juang, kekompakan, kerjasama, dan pantang menyerah.

“Jadi sepakbola juga bagian dari pendidikan karakter. Hanya mereka yang punya jiwa sportif saja bisa sukses menjadi pemain bola. Makanya kepada para pelatih dan pembina, didik anak-anak dengan baik. Ajari mereka untuk hormati setiap keputusan wasit, walau itu sangat menyakitkan.

Ajari mereka nilai-nilai sportivitas dan kejujuran,” tegas Achyar.Ketua Panitia, Drs H A’zam Nasution MAP, melaporkan LPI Kota Medan 2016 merupakan agenda rutin Pemko Medan yang dilaksanakan Dispora Medan. 76 tim yang bertanding dalam LPI kali ini terdiri atas 40 tim tingkat SMP sederajat dan 36 tim tingkat SMA Sederajat.

“Tujuan dari LPI ini adalah untuk mengembangkan potensi atlet pelajar di bidang sepakbola, nanamkan nilai-nilai disiplin dan sportivitas, mendorong sekolah-sekolah untuk membentuk tim sepakbola, dan menjaring pemain yang akan dipersiapkan mewakili Kota Medan pada ajang tingkat provinsi maupun nasional,” jelas Azam

Lebih lanjut Ketua Bapopsi Medan ini menjelaskan LPI yang digelar berkat kerjasama Askot PSSI Medan ini berlangsung 13-24 Desember 2016.76″Pertandingan berlangsung di tiga lapangan, yakni Stadion Teladan, Stadion Kebun Bunga, dan Stadion Kembar USU,” jelas Azam yang juga Kabid Peningkatan Olahraga Prestasi Dispora Medan. (YOFE)

Komentar