Andreas P Purba Caleg Termuda Lolos ke DPRD Medan

Inimedan.com-Medan   |  Andreas P Purba Caleg. Dari hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan terkait perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) minggu lalu. 50 Caleg yang lolos ke DPRD Medan periode 2024-2029 telah dapat diketahui dan yang bakal dilantik September 2024 mendatang.

Andreas P Purba Caleg. Ternyata Caleg Gerindra No Urut 9 dari dapil 3, Andreas Pandapotan Purba (APP) merupakan Caleg termuda yang lolos ke DPRD Medan. Di usia 24 Tahun, kelahiran P Siantar 4 Pebruari 2000, APP berhasil memperoleh 7.632 suara di dapil 3. Dengan perolehan tersebut APP berhak mendapat kursi di DPRD Medan.

Diketahui, Partai Gerinda berhasil meraih 6 kursi dari 50 kursu di DPRD Medan dan berada urutan ke 3 terbesar perolehan suara Partai Politik (Parpol) di Medan pada Pileg 2024.
Memang, jika dibanding dari periode sebelumnya (periode 2019-2024) Gerindra mendapat 10 kursi.

Tentu saja, di usia Belia, keberhasilan APP panggilan akrap Andreas Pandapotan Purba (foto) merupakan anggota dewan termuda di DPRD Medan menjadi perhatian publik.

Lalu seperti apa sosok APP yang bakal dilantik menjadi wakil rakyat Kota Medan nanti. Saat bertemu wartawan PosRoha.com di Medan, Kamis (21/3/2024) ternyata APP sosok pengusaha sukses dan mandiri bidang perbengkelan mobil.

Menurut APP, usai tamat kuliah di USU Akutansi sudah memulai usaha mandiri bidang kontraktor dan leveransir. Sedangkan keberanian terjun di dunia politik bekal pengalaman di organisasi sejak SMP Santomas 1 Medan yang bergabung di Satpel IPK hingga SMA. Bahkan, saat dibangku kuliah, APP aktif Sapma IPK dan mulai tertarik dunia politik, dan juga Bergabung pada awalnya di sayap Partai yaitu Gekira Sumut ( Gerakan Kristiani Indonesia Raya ) dan menjadi Ketua Bidang Pemuda, Mahasiswa & Pelajar

Menurut APP, soal politik tidak asing lagi bagi keluarga besarnya. Kakek (opung) yang merupakan orangtua kandung Ibunya, yaitu Charles Sibarani pernah menjabat anggota DPRD Taput. Sama halnya Bapak Tua nya (abang kandung Bapaknya) pernah menjabat anggota DPRD Banten. “Darah politik itu sudah mengalir dari orang tua dan leluhur kita,” sebut APP.

Keberanian APP terjun ke dunia politik terinspirasi dari salah satunya banyak Bupati dengan keberhasilan karier politiknya di usia muda. “Melihat fenomena itu, kita semakin tertantang terjun ke politik mengikuti kontestasi Pileg,” imbunya.

Sedangkan, memilih bergabung di Partai Gerindra, APP menyebut sangat tertarik sosok pendiri Partai Gerindra yakni Prabowo Subianto. “Prabowo itu petarung sejati. Memiliki semangat yang tinggi pantang mundur dan akhirnya berhasil,” tandasnya.

Tentu kata APP, untuk mahir di politik dan bekerja maksimal memperjuangkan rakyat harus banyak belajar. Namun karena dibarengi semangat tinggi diusia muda berkeyakinan melaksanakan motto APP seperti namanya yakni Amanah, Peduli Perubahan.

“Yang muda pasti bisa dan mampu. Muda lebih cepat dan up date,” ujarnya seraya menyebut miliki ATM (Amati, Tiru dan Motivasi).

Bahkan setelah resmi dilantik, APP bertekat agar bisa sebagai perpanjangan tangan kaum milenial memperjuangkan kebutuhan kamu muda di parlemen. *di#

Komentar