Aquabike Jetski World Championship 2023 di Tao Silalahi Selesai

inimedan.com – Sidikalang

Even internasional sekelas Aquabike Jetski Championship akan kembali bergulir tahun mendatang. Kabupaten seputaran Danau Toba, siap-siap menjadi tuan rumah.

Demikian disampaikan Pj.Gubernur Sumatera Utara Hasanudin melalui kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Zumry Sulthoni, S.Sos saat menghadiri perhelatan Aquabike World Championship 2023 di Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Kamis (23/11).

“Pak Pj.Gubernur sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para bupati di kawasan Danau Toba. Dengan even ini akan terjadi multiplier effect (red: efek ganda), terbukti hari kedua di Dairi cukup crowded (penuh sesak),” katanya.

“Setiap even pasti ada tahapan, untuk tahun berikutnya ini akan menjadi even tahunan di Danau Toba,” katanya lagi.

Berdasarkan pengamatannya, dia menjelaskan bahwa tentu ada evaluasi yang kita dapat selama penyelenggaraan di setiap daerah kabupaten.

Secara khusus untuk Tao Silalahi, Kabupaten Dairi, ada local wisdom (red: kearifan lokal) yang mesti dipertahankan di samping potensi alam yang sangat luar biasa.

“Para pembalap saja bilang sangat luar biasa, kita juga punya kearifan lokal yang mesti dipertahankan. Jadi yang paling sangat sederhana bagaimana pelayanan yang baik, sapta pesona yang baik yang bisa dijaga, karena memang para wisatawan luar negeri termasuk pembalap sangat mengutamakan higienitas. Ini harus jadi perhatian, dan saya kira Tao Silalahi sangat potensial menyelengarakan even internasional seperti ini lagi,” katanya mengakhiri.

Sebagai informasi balapan jetski internasional di Tao Silalahi ini dimenangkan oleh Jean Bruno Pastorelo dari Perancis, disusul oleh Rashed Alwadas, dan di posisi ketiga Alejandro Molina Miranda. Even ini juga diisi dengan pemecahan rekor MURI yaitu Tari Cawan dengan peserta terbanyak. #BABe#

Komentar