Atlet Voli Sumut Terus Memacu Diri Hadapi PON XXI 2024

Medan, Olahraga21 Dilihat

inimedan.com-Medan.
Tim atlet Voli Sumut terus memacu diri sebagai bentuk kesiapan pada perhelatan PON XXI 2024 Aceh – Sumut.
“Saat ini jangkauan lompatan atlet Voli kita sudah mendekati di angka 3 meter (2,8 meter) dari standar nasional 3,2 meter. Ini terus kita pacu sampai mendapat hasil maksimal,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Sumatera Utara Wiko Siregar, Selasa (28/11/2023).

Dalam sesi latihan selama 6 jam sehari (pagi dan sore), kata Wiko, tim Voli Sumut – selain menggenjot kesiapan fisik sebagaimana yang diatur KONI Sumut – juga mempertajam teknik-teknik dalam permainan.

“Melihat perkembangan Voli di Indonesia saat ini, kita memang harus memacu diri mengingat persaingan olahraga Voli begitu kompetitif. Terlebih dalam menghadapi atlet Voli Jawa Barat dan Jawa Timur. Apalagi di dua provinsi itu ada atlet nasionalnya,” kata dia.

Menurut Wiko, sekuat apapun lawan yang dihadapi nanti, tentu saja tim Voli Sumut harus siap secara menyeluruh. Tentunya yang utama adalah kesiapan mental bertanding.

Dalam perekrutan atlet Voli, kata Wiko, PBVSI Sumut telah melakukan proses seleksi penjaringan sejak 2022.
“Ada tahapan-tahapannya. Seperti perhelatan Porprov Sumut, kejuaran-kejuaran daerah, nasional dan kejuaran antar club. Kita menjaring atlet-atlet terbaik yang ada di 11 kabupaten kota se Sumatera Utara,” katanya.

Untuk tinggi badan atlet putra, kata dia, saat ini rata-rata 180 centimeter dan atlet putri 165 centimeter. Untuk target medali emas di PON XXI 2024, sebut Wiko, dari atlet Voli putri dan target perunggu dari atlet putra.

“Berdasarkan pengalaman tanding, atlet puti kita dimungkinkan mampu meraih medali emas. Apalagi pelatih atlet putri kita datangkan dari Jepang (skala internasional). Untuk pelatih atlet Voli putra pelatih kita berskala nasional,” kata Wiko seraya berharap kepada pemerintah agar atlet-atlet yang berprestasi kelak diberi lapangan pekerjaan. *di/rel#

Komentar