BKMT, Forhati, Edu-F dan Muslimat DDII Gelar Bakti Sosial

INIMEDAN – Dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2015, PW Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Sumatera Utara, Forum Alumni HMI-Wati (Forhati) Kahmi Medan, Education Foundation (Edu-F) dan Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Sumut mengadakan bakti sosial di Kecamatan Medan Marelan, Senin (22/12/2015).

Bakti sosial dengan thema “Mewujudkan muslimah mandiri, kreatif, inovatif dan soleha dalam keluarga mandiri menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” dipusatkan di pendopo kantor camat Medan Marelan, diikuti ibu-ibu dari berbagai kelompok dan organisasi yang ada di Medan Marelan.

Ketua Edu-F yang juga Ketua Forhati, Hj Ameilia Zuliyanti Siregar mengatakan, kegiatan ini mereka selenggarakan untuk mensinergikan kerja mereka dengan masyarakat Medan Marelan, dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami ingin bersama-sama masyarakat ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama kaum perempuan,” kata Ameilia, yang juga akademisi Universitas Sumatera Utara (USU).

Menurutnya, ini merupakan kegiatan keempat yang mereka selenggarakan di Medan Marelan, namun sebelumnya dilakukan secara informal. “Baru kali inilah kami melaksanakannya secara formal, semoga bisa terus berlanjut di kemudian hari,” katanya.

Acara hari itu dikemas dalam bentuk ceramah mengenai pencegahan dan penanggulangan penyakit TB paru oleh dr Delyuzar dari JKM, pelatihan keterampilan handycraft, serta pemberian bantuan pendidikan bagi warga kurang mampu.

Ketua PW BKMT Sumut Hj Rosmawati Harahap memaparkan, di tengah semakin berkembangnya teknologi, maka kaum ibu juga dihadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan.

“Kaum ibu atau peremuan hendaknya menyadari tugas beratnya saat ini, bukan cuma di dapur dan di kasur tapi juga harus bisa ikut membantu suami dalam berbagai macam tanggungjawab di keluarga. Untuk itu diperlukan perempuan yang kuat, sehat dan tentu saja memiliki kemampuan dan keterampilan,” katanya.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Muslimat DDII Hj Arlinda Sari, Camat Medan Marelan diwakili Kasi Kessos Mismi, Ketua MUI Marelan H Nurdin Bakhtiar, kepala Puskesmas Medan Marelan, pengurus PKK, dan sejumlah pihak lain.

Acara diakhiri ceramah agama oleh Ustadzah Hj Irawati Situmorang. [MUL]

Komentar