oleh

Buffon Tak Masuk Nominasi, Italia Boikot Ballon D’Or

INIMEDAN – Pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, dan Gianluigi Buffon selaku kapten tim tidak mempergunakan hak suara mereka dalam voting FIFA Ballon d’Or sebagai bentuk protes setelah sang kiper tidak dicantumkan dalam daftar nominasi.

Absensi Buffon menjadi kontroversi besar saat lis awal berisikan 59 kandidat dirilis pada Oktober tahun lalu. Berperan membantu Juventus memborong dua gelar domestik dan mencapai final Liga Champions 2015, sangat mengherankan nama Buffon diabaikan.

Dan dalam detail hasil voting yang diungkapkan FIFA usai Messi resmi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia untuk kelima kalinya, tampak bahwa Conte dan Buffon tidak memberikan vote.

Laporan Sky Sports News HQ menyatakan ini memang disengaja oleh kubu Azzurri. Federasi sepakbola Italia (FIGC) disebut memerintahkan boikot ini lantaran amat kesal kapten mereka dikesampingkan.

Buffon toh bukan satu-satunya kiper tenar dan kapten tim nasional yang absen dalam voting. Iker Casillas, el capitan Spanyol yang membela FC Porto, tidak mempergunakan hak suaranya.

Bukan sengaja memboikot, kegagalan Casillas memberikan suara lebih disebabkan keteledoran federasi sepakbola Spanyol (RFEF), yang tidak memberikan dokumen yang diperlukan tepat waktu, demikian warta COPE.

Sementara, kiper Barcelona dan kapten timnas Cile Claudio Bravo juga tidak memberikan vote. Tetapi penyebab absensi Bravo sejauh ini belum diketahui.

Berbeda dengan kedua kapten, pelatih Spanyol Vicente Del Bosque dan Jorge Sampaoli sebagai arsitek Cile dapat menyampaikan suara mereka. Del Bosque menjatuhkan pilihan untuk Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andres Iniesta, sedangkan Messi, Alexis Sanchez, dan Arturo Vidal jadi pilihan Sampaoli. [GC]

Komentar

News Feed