oleh

Bupati dan Dandim 0203 Langkat Tanda Tangani MoU

INIMEDAN-

Guna memaksimalisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dan Dandim 0203 Langkat Letkol. Inf. Ray Hansen J. Sinaga tanda tangani kesepakatan kerja sama (MoU) perihal wawasan kebangsaan dan bela Negara dirumah dinas Bupati Langkat, Jum’at (8/4).

 Kerjasama diperkuat dengan penadatanganan kesepahaman antara Bupati Langkat mewakili Pemkab. Langkat dan Dandim 0203 Langkat mewakili Komando distrik militer 0203 Langkat.

 Kedua pihak sepakat, bahwa untuk memaksimalisasikan wawasan kebangsaan dan bela Negara, perlu ada komitmen yang didasari kerjasama yang kuat antara Pemkab. Langkat dengan Kodim 0203 Langkat.

 Tidak hanya Bupati dan Dandim saja, namun penandatanganan juga dilakukan oleh Sekda Langkat dr. H. Indra Salahudin M.Kes.MM yang juga sebagai Plt Kadis Pendidikan dan Pengajaran,  Sekretaris Dinas Dikjar Legiman, Kadispora T.M. Auzai dan Kakan kesbangpol Drs. Wahyudi Hasibuan.

 Bupati Ngogesa menilai, kerjasama ini penting dilakukan mengingat wawasan kebangsaan dan bela Negara perlu ditanamkan dan dimantapkan sehingga ketahanan nasional dapat terwujud.

 Lanjutnya, kerjasama ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi bangsa, mengapa? Karena seluruh masyarakat Langkat akan paham menganai wawasan kebangsaan dan bela Negara, baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan ataupun organisasi kemasyarakatan.

 Ngogesa berharap nantinya selama pelaksanaan sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilakukan pihak Kodim 0203 Langkat, dan seluruh SKPD terkait beserta Camat dan seluruh pihak harus mendukung kegiatan tersebut.

 “Semoga, wawasan kebangsaan dan bela Negara serta ketahanan nasional yang disampaikan kepada warga melalui program tersebut dapat berhasil” ujar Ngogesa.

Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Ray Hansen J. Sinaga menjelaskan, selama pelaksanaan program wawasan kebangsaan dan bela Negara, pihak Kodim 0203 Langkat melalui seluruh Koramil yang ada di Langkat akan terjun langsung ke titik-titk yang dianggap penting untuk disosialisasikan, seperti sekolah, kampus, desa dan lainnya.

 Lanjutnya, sebelum penandatangan kerjasama ini, pihak kodim 0203 Langkat sudah menjalankannya ke beberapa sekolah dengan menggelar sosialisasi dengan narasumber langsung Dandim ataupun Danramil.

 “Jadi, kerjasama ini adalah proses kelanjutan komunikasi dengan Pemkab. Langkat dan diharapkan bangsa semakin kuat melalui pemberian wawasan kepada seluruh masyarakat Langkat mengenai kebangsaan dan bela Negara, keutuhan NKRI, harga mati untuk dipertahankan” tegas Dandim Langkat tersebut.

 Hadir dalam penandatangan kerjasama tersebut Inspektorat Langkat H. Amril S.Sos,MAP,  Kabag Humas Rizal Gunawan Gultom AP, Danramil Stabat Kapten Armed Syamsudin, Danramil Secanggang Kapten Inf. Yusrafrizal dan Danramil Brandan Kapten Inf Bustami.

 Selanjutnya, setelah penandatangan kerjasama ini, Pemkab. Langkat dan Kodim 0203 Langkat akan saling mendukung proses pelaksanaan kegiatan yang akan rutin digelar setiap bulannya.

 Untuk diketahui, sosialiasi kebangsaan yang dimaksud adalah pemahaman kepada masyarakat mengenai 4 pilar kebangsaan yakni, pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). [im-01]

Komentar

News Feed