Digempur Ekonomi Sulit, Harga Bumbu Dapur Melambung,Warga Menjerit

Batu Bara, Daerah10 Dilihat

inimedan.com-Batubara.
Batu Bara_Kenaikan harga sejumlah bumbu dapur ditengah gempuran ekonomi yang kian hari semangkin sulit,berdampak terhadap Masyarakat hingga menjerit.

Seperti diPasar Tradisional Petatal yang terletak DiDesa Karang Baru,Kecamatan Datuk Tanah Datar,Kabupaten Batu Bara,pasar tersebut tak terlihat aktivitas seperti biasa nya ramai.

Seorang pedagang Hotma Sirait yang ditemui Kamis(30/11/23)menyebutkan kenaikan harga sejumlah bumbu dapur diantara nya Cabe dan bawang ini telah terjadi sejak dua pekan terakhir.

“Kenaikan harga cabe ini dirasakan telah terjadi sejak dua minggu ini,biasanya harga cabe 36 ribu perkilo sekarang telah mencapai 65 ribu hingga mencapai 68 ribu perkilo nya,begitu juga bawang kalau bawang lokal 28 ribu hingga 30 ribu,sementara bawang dari luar mencapai 34 ribu hingga 36 ribu perkilo nya yang sebelum nya hanya bekisar 22 ribu perkilo.

Hotma mengaku meski ketersediaan barang mencukupi namum penjualan mengalami penurunan.”Kalau untuk barang mencukupi dan tidak sulit didapat namun Biasa nya membawa cabe merah 30 kiloan untuk dijual diPasar habis,sekarang paling terjual berkisar 10 hingga 15 kilo saja.

Sementara itu Citra seorang ibu rumah tangga mengaku resah dengan kenaikan harga bumbu dapur,disaat ekonomi dalam kondisi sulit.

“Sebagai ibu rumah tangga resah dengan kenaikan harga bumbu dapur ini,karena menjadi kebutuhan sehari-hari,apa lagi dengan kondisi ekonomi susah,pendapatan menurun,jadi nya belanja pun sedikitlah.

Citra berharap kepada Pemerintah dapat lah menstabilkan harga menyesuaikan kondisi Masyarakat nya yang kian hari semangkin sulit.ungkap Citra.(fiq)

Komentar