Dinas Kominfo Sumut Pastikan Kesiapan Bidang TIK

Medan11 Dilihat

inimedan.com-Medan.

Guna kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumatera Utara (Sumut), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut memastikan kesiapan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) event nasional tersebut.

“Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi berperan penting dalam menyukseskan PON XXI, baik sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses  pemberdayaan ekonomi rakyat, sukses administrasi dan sukses pemanfaatan fasilitas pasca event PON XXI 2024 Aceh Sumut,” kata Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus pada Forum Group Discussion (FGD) Sukses Penyelenggaraan PON XX1 2024 Aceh-Sumut, di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Rabu (13/12).

Ilyas memaparkan, manfaat TIK akan terasa apabila dilakukan secara optimal. Penyelenggaraan PON juga dapat menjadi lebih efisien, terorganisir, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi semua pihak yang terlibat.

“Pastinya kita ingin meninggalkan kesan yang baik bagi para atlet, official dan para tamu lainnya yang datang ke Sumut, kita ingin orang yang datang ke Sumut, setelah pulang kesan baiknya itu yang diceritakan ke orang lain, jadi mereka pun bisa kembali lagi ke Sumut, tentunya ini akan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita,” kata Ilyas.

Adapun program TIK yang disiapkan dalam penyelenggaraan PON tersebut di antaranya Aplikasi PON, infrastruktur dan akses internet, kesiapan sumber daya manusia, serta standar operasionalnya.

Selain itu, Dinas Kominfo Sumut juga memastikan kesiapan publikasi mengenai PON di Sumut. Ada beberapa bentuk media yang digunakan mulai dari iklan di media cetak maupun elektronik, baliho di beberapa titik di Indonesia, hingga media sosial dan website.

“Kita sudah mulai mengkomunikasikan informasi PON ke seluruh elemen masyarakat, kita memberitahu masyarakat mengenai penyelenggaraan PON ini di Sumut, selain di Sumut, kita juga membuat iklan di videotron Jakarta dan beberapa lokasi lain seperti bandara,” ujar Ilyas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian mengatakan di Sumut ada 34 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Sumut memiliki 40 venue yang tersebar di 9 kabupaten/kota Sumut akan digunakan untuk pertandingan PON. Ada sekitar 13 ribu orang yang akan hadir di Sumut.

“Target kita sukses pemanfaatan fasilitas pasca event, inilah legacy untuk sumut, legacy pon kita 2024 itu Sumut Sport Center, kedua adalah prestasi, kalau ini prestasi oke, pemanfaatan fasiltas oke, maka itulah legacy untuk kita,” kata Baharuddin, pada FGD yang diikuti OPD Pemprov Sumut, kabupaten/kota, dan KONI.*di#

 

Komentar