oleh

Giliran Istri Ketua DPRD SU Diperiksa KPK

INIMEDAN – Pada hari kedua pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap para saksi untuk pendalaman kasus dugaan suap interpelasi tahun 2015, giliran istri H.Ajib shah, Ketua DPRD Sumatera Utara, Lidya Magdini masuk dalam data KPK diperiksa sebagai saksi, di gedung Utama Mako Brimob Poldasu, Jl. KH. Wahid Hasyim Medan, Selasa (15/12).

Pemeriksaan hari kedua, nama istri Ketua DPRDSU Ajib Shah, Lidya Magdini tercatat dalam data KPK diperiksa sebagai saksi. Namun, salah seorang penyidik yang memakai batik garis-garis berwarna coklat mengatakan tidak mengetahui Lidya Magdini diperiksa di Brimob atau di Jakarta.

“Memang ada nama Lidya Magdini masuk data pemanggilan pemeriksaan hari ini sebagai saksi interpelasi jilid III tahun 2015, tapi saya tak tau pasti diperiksa di sini (Mako Brimob-red) atau di Jakarta,” katanya kepada wartawan saat menuju Masjid Nurul Huda di Mako Brimob Polda Sumut.

Salah seorang anggota DPRD SU yang diperiksa Syah Afandin mengatakan diperiksa penyidik terkait kasus gratifikasi interpelasi terakhir yang berlangsung pada tahun ini. Dan ia  mengaku sampai saat ini masih terus menjalani pemeriksaan, sehingga belum dapat memastikan jumlah pertanyaan yang diajukan penyidik.

Ia menambahkan kehadirannya ke Mako Brimob Polda Sumut hanya untuk memenuhi panggilan penyidik, sehingga segala yang berkenaan dengan pemeriksaan agar ditanyakan langsung kepada penyidik.

Sebelumnya, pantauan SIB sekitar pukul 09.50 WIB, ada tiga orang saksi yang sudah terlihat hadir. Salah satu saksi yang memenuhi panggilan penyidik adalah Syah Afandin alias Ondim, yang tak lain merupakan adik kandung mantan Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin.

Kader PAN itu datang bersama Sampang Malem dari Fraksi Golkar. Setibanya di Mako Brimob, kedua anggota DPRDSU 2014-2019 itu langsung menuju ke gedung utama Mako Brimob. Sementara itu, saksi lainnya yang hadir disebut-sebut Musdalifah.

Kader Partai Hanura yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sumut 2009-2014 ini kembali dipanggil. Musdalifah sudah tiga kali dimintai keterangannya sekaitan dengan suap interpelasi.

Guna mengetahui siapa saja yang dipanggil penyidik KPK untuk diperiksa, Plt Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi lewat layanan whatsapp (WA) mengatakan ada 11 orang saksi yang diperiksa, berikut nama-namanya: Astrayuda Bangun (anggota DPRDSU 2014-2019), Lidya Magdini (Ibu Rumah Tangga), Robi Agusman Harahap (anggota DPRDSU 2014-2019), H Syah Afandin SH (anggota DPRDSU 2014-2019), Drs H Yulizar Parlagutan Lubis MPsi (anggota DPRDSU 2014-2019), Ir Yantoni Purba MM (anggota DPRDSU 2014-2019), HM Hanafiah SH (anggota DPRDSU 2014-2019), Jantoguh Damanik SSos (anggota DPRDSU 2014-2019), Ahmad Fuad Lubis (Kepala Biro Keuangan Provsu), H Syamsul Qodri Marpaung Lc (anggota DPRDSU 2014-2019), H Muchrid Nasution SE (anggota DPRDSU 2014-2019).(@di)

Komentar

News Feed