Gunung Marapi Kembali Erupsi, Letusan 800 Meter di Atas Puncak

Nasional, Peristiwa54 Dilihat

inimedan.com-Kota Agam.
Gunung Marapi yang berada di Kabupaten atau Kota Agam, Batusangkar Sumbar, Senin (4/12) pagi kembali mengalami erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat kolom letusan teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak.

Gunung Marapi terletak di Kabupaten atau Kota Agam, Batusangkar, Sumatera Barat dengan posisi geografis di Latitude -0.381°LU, Longitude 100.473°BT dan memiliki ketinggian 2891 mdpl.

“Terjadi erupsi G. Marapi pada hari Senin, 04 Desember 2023, pukul 08:22 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 3691 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi, Ahmad Rifandi dalam keterangan resminya.

Ahmad melaporkan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 68 detik.

Dilaporkan saat ini cuaca di sekitar Gunung Marapi tertutup Kabut 0-I hingga tertutup Kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah ke arah utara dan barat daya. Adanya hujan kerikil di radius 6 km dari puncak, dan hujan abu sampai radius 13 km dari kawah.

“Masyarakat disekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung, wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Api Marapi pada radius 3 Km dari kawah, puncak,” imbaunya. *di/oz#

Komentar