oleh

Pardew dan Hiddink Pengganti Mourinho?

INIMEDAN – Spekulasi soal pengganti jabatan Jose Mourinho yang dipecat daru kursi manajer Chelsea, mulai bergerak. Sejumlah nama dikaitkan dengan posisi lowong tersebut.

Setelah sebelumnya ada disebut-sebua nama Juande Ramos – mantan pelatih Totthnham Hotspus, lalu Diego Simeone, Brendan Rodgers, juga Pep Guardiola, kini dua nama lagi yakni Alan Pardew dan Guus Hiddink pun disebut-sebut. [Baca : Juande Ramos Bakal Pengganti Mou?]

Nama Pardew dicuatkan eks penyerang Chelsea, Tony Cascarino. Dia menyebut sosok Pardew bakal cocok untuk Chelsea. Apalagi sejak menangani Crystal Palace, manajer asli Inggris itu menunjukkan kinerja yang relatif bagus.

Ditunjuk menukangi Palace pada tengah musim lalu, dia sukses menyelamatkan Palace bahkan mengantarkannya finis ke posisi 10, yang merupakan hasil terbaik sepanjang sejarah klub. Musim ini, Palace tampil di luar perkiraan dan sementara ada di posisi enam klasemen.

Sampai pekan ke-16 Premier League, Palace mengumpulkan delapan kemenangan dan dua hasil imbang untuk mengumpulkan nilai 26. Mereka hanya tertinggal tiga poin dari Manchester United di posisi empat yang jadi batas zona Liga Champions. Mereka juga cuma berjarak satu angka dari Tottenham Hotspur di peringkat lima yang jadi spot Liga Europa.

Selama menukangi Palace, Pardew mencatatkan 22 kemenangan dari 40 laga. Hasil itu membuatnya punya persentase kemenangan sebesar 55%.

Pengalamannya selama empat tahun di Newcastle United juga dirasa bakal jadi bekal berharga. Pardew diketahui tak bekerja dengan bebas di Newcastle, salah satunya pembatasan gerak dalam transfer pemain. Pardew harus bekerja di bawah tekanan untuk mengirit oleh pemilik klub, Mike Ashley, selain juga kerap diminta melepas pemain andalan ke tim lain.

Pardew akhirnya meninggalkan Newcastle setelah merasa cukup dengan hal tersebut. Cascarino percaya Pardew layak diberikan kesempatan naik level lebih jauh dengan menangani Chelsea.

“Ada satu kandidat nyata untuk menjadi manajer Chelsea yang baru dan itu adalah Alan Pardew. Dia siap untuk naik level bergabung dengan sebuah tim di Liga Champions,” tulis Cascarino di The Times.

Sementara nama Hiddink juga disebut-sebut akan jadi pengganti Mourinho. Mantan pemain The Blues Bolo Zenden menyebut Hiddink adalah kandidat tepat.

Hiddink, yang sedang lowong dan juga pernah jadi manajer sementara ‘Si Biru’ periode 2009, digadang sebagai calon kuat.

Zenden, yang berseragam Chelsea pada 2001–2004 dan berasal dari Belanda seperti halnya Hiddink, menyebut kompatriotnya itu sebagai figur ideal, salah satunya karena kemampuannya memotivasi pemain.

“Ia merupakan seorang manajer hebat dengan gaya yang dekat dengan para pemainnya. Ia mampu memberi motivasi kepada para pemain,” kata Zenden kepada Drive yang dilansir talkSPORT.

“Di posisi mana mereka ingin finis tahun ini, sebuah target yang mungkin diraih, itu akan diputuskan Chelsea tapi tidak banyak manajer yang punya kualitas tertentu untuk bisa duduk di kursi panas tersebut.”

“Ia sudah menjalani masa berat di timnas Belanda, kita semua tahu ia dipecat dari tim nasional ketika hasilnya tidak berjalan sesuai keinginan tapi ia tetap dapat masuk sebagai pilihan pas untuk Chelsea,” tuturnya. [MUL/DC]

Komentar

News Feed