Pemkab Langkat Gelar Rakor Forkopimda & Forkopimca

Daerah, Langkat16 Dilihat

inimedan.com-Langkat.

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar se-Kabupaten Langkat bertempat, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Kamis (23/11/2023)

Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar Rapat Koordinasi Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar Se-Kabupaten dengan mengusung tema :”Optimalisasi Koordinasi dan Sinergitas Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar dalam Pencegahan dan Penyelesaian Konflik Sosial”.

Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat,  H. Amril, S.Sos, M.AP,  menyampaikan pada laporannya, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Rapat Koordinasi Forkopimda dan Forkopimcam ini, yakni:

Pertama, meningkatkan koordinasi dengan pihak atau lembaga terkait mengenai penanganan konflik tugas dan fungsi Masing-masing. Kedua, mendeteksi diri permasalahan yang akan timbul di lapisan masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya konflik. Ketiga, mengupayakan pemulihan pasca konflik dengan sebaik-baiknya apabila ada terjadinya konflik. Keempat, mengambil langkah-langkah cepat dan tegas serta profesional dalam menangani konflik yang terjadi.

Peserta rapat terdiri dari anggota Forkopimda, Sekretariat Forkopimda, anggota Forkopimcam Se-Kabupaten Langkat dan 3 Pilar Se-Kabupaten Langkat.

Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi perkopimda, perkopincam dan unsur 3 pilar Se- kabupaten Langkat pada hari ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang forum koordinasi pimpinan di daerah.

Serta peraturan Bupati Langkat Nomor 10 Tahun 2023 tentang forum koordinasi pimpinan daerah dan forum koordinasi pimpinan kecamatan.

Dimana melalui peraturan tersebut diharapkan dapat memberikan umpan balik yang baik bagi jalannya roda pemerintahan dan seluruh rencana pembangunan di daerah serta dapat meminimalisir terjadinya konflik dan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Juga mampu menyelesaikan masalah faktual di daerah dalam rangka kelancaran penyelenggaraan urusan pemilihan umum dan pembangunan daerah

“Dengan hadirnya kita semua di tempat dan waktu yang baik ini maka saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk tetap berkomunikasi dan berkoordinasi secara intens terhadap semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Langkat dan segera menyampaikan laporan cepat kepada pimpinan yang lebih tinggi,” harapnya.

Hal ini menjadi penting untuk menjaga stabilitas dan kondusitas wilayah kabupaten Langkat sehingga dengan terwujudnya keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kabupaten Langkat dapat membuat masyarakat tenang dan terlindungi dalam menjalankan semua usahanya di berbagai sektor yang pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian ke arah yang lebih baik lagi

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada rakornas kepala daerah dan perform dan tahun 2023 untuk menghadapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di mana dalam hal ini dan forkopim CAM memegang peran penting dalam menjaga keseimbangan kondisi di tengah-tengah masyarakat.

“Selanjutnya kepada para kepala desa Lurah Babinsa dan babinkamtibmas se Kabupaten Langkat kiranya saya dan seluruh anggota porto Pemda tetap mengharapkan dukungan dan dari saudara-saudara sekalian untuk turut serta menjaga dan menertibkan serta mengantisipasi potensi konflik yang muncul di wilayah tugas saudara-saudara,” pintanya.


“Saya berharap melalui pertemuan ini secara bersama-sama kita dapat mewujudkan bumi Langkat yang aman dan tertib serta kondusif serta kita bersama mewujudkan Langkat yang lebih aman dan tentram,” harapnya.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah menunjuk 3 perwakilan dari Forkopimcam yang ada di Kabupaten Langkat untuk memaparkan bagaimana Kondisi Sosial yang ada di Kecamatan tersebut.

Perwakilan tersebut yaitu :
1. Danramil 15/PS Pangkalan Susu Kapten Inf Zulkarnaen dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa di daerah wilayah hukum teluk Aru  dalam keadaan yang kondusif  baik itu situasi sosial maupun situasi politik.

2. Polsek Stabat AKP Fery Ariandi,SH menyampaikan sampai saat ini di wilayah Langkat hilir  polsek stabat yang membawahi wilayah hukum 2 kecamatan yaitu Stabat dan Wampu situasi keamanan dalam keadaan kondusif baik situasi sosial dan politik
Walaupun ada sedikit permasalah sengketa lahan di kelurahan Kwala Bingai dan permasalahan Pajak Stabat, namun kami dengan unsur forokmcam setempat dapat mengatasi dengan jalan musyawarah dan berjalan kondusif.

3.Camat Bahorok Robby Deritawan Sitepu  dapat kami laporkan bahwa daerah Langkat hulu  yaitu kecamatan Bahorok pada  saat yang lalu terjadi banjir bandang divdesa batu jongjong dan desa ujung bandar tentunya ini akan sangat berdampak  kepada alur ekonomi serta transportasi dan pendidikan dari warga sekitar Pak karena ini menghubungkan 5 Desa Jalan lingkar dan besi jembatan juga sekarang terdampar sekitar 3 km dari lokasi kejadian.

“Saya kira ini juga perlu melalui dinas terkait agar segera ditanggulangi karena berpotensi untuk dicuri masyarakat kemudian tindakan setelahnya bersama forkopicam kami pada hari itu  melakukan pendampingan kepada pengungsi dan Bapak danramil menggagas kegiatan bersih-bersih dengan menggandeng anak-anak Pramuka,” ujarnya. *ed/di#

 

Komentar