Petani  dan Gapoktan se-Kota Tanjung Balai Sampai Permasalahan Dan Harapan Kepada Plt.Wali Kota

inimedan.com-Tanjung Balai.
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjung  Balai H Waris Thalib mengadakan silaturahmi dengan petani sawah dan gabungan kelompok tani (gapoktan) se-kota Tanjung Balai, ditengah persawahan, Jalan Lingkar Sijambi, Tanjung Balai, Selasa (16/11/2021).
Dalam pertemuan itu Waris  melakukan dialog bersama para petani dan PTI Tanjung Balai dan dimanfaatkan oleh para petani menyampaikan harapan dan permasalahan kepada para pemangku kepentingan yang hadir antara lain.
Salah seorang petani bernama  Pardi menyampaikan kepada Waris  masalah yang mereka hadapi diantaranya, terkait Pupuk, Tali Air Irigasi dan Bibit/Benih.
Diungkapkan Pardi, kurangnya pasokan pupuk masih menjadi salah satu kendala bagi para petani, untuk itu dapat diberikan solusi demi hasil produksi lebih meningkat. Selain itu perbaikan jalan tani juga sangat kami butuhkan demi memperbaiki akses para petani untuk melakukan distribusi hasil panen yang akan mereka pasarkan. Selain itu persoalan irigasi masih menjadi kendala terbesar petani di Tanjung Balai untuk mengembangkan pertanian padi sawah, karena sampai saat ini kami masih dominan mengandalkan tadah hujan untuk mengairi persawahan kami, kata Pardi.
Menanggapi aspirasi para petani, Waris meminta dinas terkait dapat mencatat dan menginventarisir sejumlah harapan petani. Waris meminta agar harapan petani dapat disampaikan melalui proposal agar selanjutnya dapat diarahkan dalam program kegiatan. Selanjutnya Waris meminta jika hal tersebut telah diprogramkan maka dapat segera direalisasikan kepada para petani.
Dikatakan Waris,setelah mendengarkan curhatan keluh kesah bapak dan ibu sekalian. Semoga panen 2022 lebih melimpah dari tahun 2021. Bagaimana ketahanan sandang pangan bisa tercapai di Tanjung Balai, dan kedepan kita agendakan pertemuan silaturahmi ini dilakukan setiap tiga bulan sekali. Ungkap Waris (SB).

Komentar