Porpi Galakkan Senam Sehat Pernafasan

Olahraga39 Dilihat

Inimedan.com.
Mendukung program Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam menyehatkan masyarakat, Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (Porpi) Kota Medan menggalakkan senam sehat pernafasan yang digelar rutin setiap hari Minggu.
Seperti Minggu (22/01), Porpi Medan menggelar senam sehat pernafasan di halaman rumah anggota DPRD Kota Medan, Sabar Syamsurya Sitepu, Jalan Rawa Cangkuk III, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Medan Denai, yang juga didaulat sebagai Penasehat Porpi Kota Medan.
Ratusan anggota Porpi yang didominasi oleh kaum ibu dan masyarakat sekitar meramaikan senam sehat pernafasan tersebut.
Ketua Porpi Kota Medan, Rahmiatih Balasih, mengungkapkan senam sehat pernafasan tersebut sudah digelar sejak Juni 2014 lalu setiap hari Minggu pagi. Tujuannya, untuk memasyarakat senam sehat pernafanan di kalangan ibu-ibu.
“Senam sehat pernafasan ini sebagai langkah kita dalam mendukung program Pemko Medan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Kegiatan ini sudah kita gelar lebih dari dua tahun dan insya Allah akan terus kita gelar,” ungkapnya kepada wartawa usai mengikuti senam sehat pernafasan itu.
Rahmiatih menambahkan dengan kondisi ibu-ibu yang sehat, maka kaum ibu bisa mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang sehat dan baik pula.
“Bagaimana mungkin seorang ibu bisa mendidik agar bisa sehat, sementara ibu itu sendiri tidak peduli dengan kesehatannya. Makanya, kita rutin menggelar senam sehat pernapasan ini setiap minggunya,” ujarnya.
Pembina Ranting Melati Porpi Perjuangan, Zaimah, mengungkapkan sampai saat ini, sudah ada 22 ranting Porpi yang terbentuk. Seiring berjalannya waktu, jumlah ranting Porpi itu akan terus bertambah, agar lebih banyak lagi kaum ibu yang peduli dengan kesehatannya.
“Yang diutamakan dalam senam ini adalah melatih pernafasan dan refleksi. Karena dengan latihan pernafasan dan refleksi yang baik akan berdampak terhadap kesehatan yang baik pula,” ungkapnya.
Zaimah menambahkan senam sehat pernafasan yang digelar tersebut tidak dikutip bayaran sama sekali alias gratis. Selain gratis, peserta senam sehat pernafasan juga mendapatkan makanan ringan gratis.
“Semuanya gratis, tidak ada bayaran sama sekali. Ini semua berkat dukungan nyonya Sabar Syamsurya Sitepu, istri anggota dewan yang peduli menjaga kesehatan kaum ibu di daerah ini dan umumnya di Kota Medan,” paparnya.
Zaimah mengharapkan Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan jajarannya sesekali bergabung meramaikan senam sehat pernafasan tersebut. “Maunya kami, sesekali Pemko Medan ikutlah bergabunglah disini. Jangan kami saja yang disuruh gabung ikut senam di Lapangan Merdeka agar kaum ibu lebih banyak lagi yang mau mengikuti senam sehat pernapfsan ini,” ujarnya.
Lurah Tegal Sari Mandala III, Zainal mengaku bangga dengan inisiatif Porpi Medan menggelar senam sehat pernapasan tersebut. “Dengan adanya senam ini, maka Porpi telah membantu Pemko Medan dalam menyehatkan ibu-ibu rumah tangga. Semoga, senam pernapasan ini bisa terus berlanjut,” paparnya yang turut hadir di acara tersebut. [im-01]

Komentar