Prancis Juara Grup A

Inimedan.com.

Hasil bermain imbang tanpa gol dengan Swiss, Senin (20/6) dinihari WIB di Stade Pierre Mauroy, memastikan Prancis lolos dari Grup A Piala Eropa tahun 2016. Hasil mengantarkannya menjadi juara grup.

Sebenarnya sebelum partai itu digelar, tuan rumah Pancis sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar berkat penampilan mereka dilaga sebelumnya. Namun kepastian itu tidak membuat Prancis puas. Terbukti saat menghadapi Swiss, pemain-pemain Prancis tanpak tampil serius guna mengejar kemenangan untuk status juara grup

Sebenanya tidak sedikit peluang menciptakan gol mereka dapatkan, peluang pertama didapat Les Bleus di menit ke-12. Gignac menahan bola, memutar badan, dan memberikan umpan ke arah Pogba. Pemain Juventus itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih bisa ditepis kiper Swiss, Sommer.

Pogba kembali mengancam gawang Swiss satu menit berselang. Umpan satu dua dengan Koman, sepakan keras Pogba kembali dimentahkan Sommer.

Kembali, Pogba nyaris mencetak gol gawang ke Swiss di menit ke-18. Mendapat ruang menggiring bola dari tengah, Pogba melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Kali ini bola membentur mistar gawang.

Sepanjang babak pertama, Prancis tampil dominan sementara Swiss tak mampu menciptakan peluang membahayakan ke gawang Hugo Lloris. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Swiss coba keluar dari tekanan. Tapi, Prancis tetap tampil membahayakan setiap kali bola berada di kaki Pogba. Di menit ke-57, Pogba menguasai bola di tengah dan memberikan umpan ke Griezmann. Pemain Atletico Madrid melakukan umpan satu dua dengan Gignac sebelum akhirnya Griezmann melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih bisa ditepis Sommer.

Peluang emas didapat Prancis menit ke-76. Umpan silang Sissoko dari sayap kanan disambut sepakan keras Payet yang tak terkawal. Namun, lagi-lagi bola membentur mistar gawang.

Menit ke-80, Payet melepaskan tendangan setengah voli dari luar kotak penalti. Skor belum berubah karena arah bola masih melebar di kanan gawang. Skor tanpa gol bertahan hingga laga usai.

Hasil ini cukup bagi Prancis lolos dengan status juara grup dengan poin tujuh, sementara Swiss di posisi kedua dengan poin lima.

Susunan pemain

Prancis: Lloris; Sagna, Rami, Koscielny, Evra; Sissoko, Cabaye, Pogba; Coman (Payet 63′), Gignac, Griezmann (Matuidi 79′).

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri (Fernandes 79′), Dzemaili, Mehmedi (Lang 86′).  [in/@]

 

 

Komentar