Serahkan Bantuan Traktor, Darma Wijaya Ajak Petani Untuk Beternak

Inimedan.com – Perbaungan
Sebagai petani, dalam meningkatkan ekonomi keluarga, petani juga harus mampu membuka peluang yang dapat dimanfaatkan dengan hasil yang cukup memuaskan di waktu senggang dalam bertani, seperti beternak sapi.

Hal itu dikatakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya pada acara penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian Traktor Roda 2 (dua) kepada kelompok tani, Selasa (4/10/2022) di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan.


Darma Wijaya yang memiliki hobi dengan peternakan itu melanjutkan bahwa dengan menggeluti dua profesi sekaligus, akan menambah penghasilan petani menjadi lebih signifikan, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat petani sekaligus peternak.

“Dari pengalaman saya, dalam peternakan sapi, kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar 50ribu perharinya dalam satu ekor. Dalam sebulan, petani akan mendapatkan hasil 1,5 juta dengan keuntungan 50% dari hasil itu,” kata Darma.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwik itu menjelaskan bahwa Kabupaten Serdang Bedagai dengan luas wilayah ± 190.000 hektar pada 243 desa / kelurahan di 17 kecamatan memiliki potensi besar di bidang pertanian dengan luas lahan sawah 31.284 hektar dari data tahun 2021.


“Nah, untuk mempertahankan lahan sawah dari dampak pembangunan, bahkan menambah lahan pertanian sawah di Sergai, kita harus melakukan pencetaan lahan sawah baru, agar kedepan Sergai tetap menjadi salah satu kabupaten swasembada pangan di sumut”, cetus Bang Wiwik.

Berkaitan dengan problem pupuk bersubsidi, Darma mengajak seluruh petani di Sergai untuk beralih menggunakan pupuk non subsidi, “Dengan mengganti penggunaan pupuk, maka kita telah meningkatkan pola tanam padi kita, dengan peningkatan pola tanam, maka hasil yang didapat juga akan jauh lebih tinggi,” ajak Darma.

Terakhir, Darma Wijaya berpesan kepada 10 Gapoktan penerima bantuan, untuk merawat dan menggunakan bantuan itu dengan sebaik mungkin. “Penerima bantuan ini, harus punya rasa memiliki, agar apa yang sudah ada, dapat bertahan lama dan dapat lebih di manfaatkan orang banyak”. Pungkas Darma.

Bantuan yang diberikan merupakan Traktor Roda 2, dengan 10 Gapoktan penerima,  yaitu Gapoktan Tani Keluarga Desa Besar II Terjun, Gapoktan Melati Desa Kuala Lama, Gapoktan Cempaka II Desa Gelam Sei Serimah, Gapoktan Makmur Desa Sei Buluh, Gapoktan Cemara II Desa Lubuk Cemara.

Selanjutnya Gapoktan Karya Mandiri Desa Tualang, Gapoktan Nyiur Desa Melati II, Gapoktan Melati Desa Melati II, Gapoktan Tirta Sari Desa Sei Priok, Gapoktan Madani Desa Huta Baru.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kepala Dinas Pertanian Sergai Dedy Iskandar mengajak seluruh Gapoktan untuk mengunjungi peternakan Sapi Babe di Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan. (Agus)

Komentar